Hanya butuh 10 menit, begini cara merebus ceker agar empuk dan tak berlendir meski tanpa presto

Hanya butuh 10 menit, begini cara merebus ceker agar empuk dan tak berlendir meski tanpa presto
TikTok/@monggodahar2

Brilio.net - Pada dasarnya, ada banyak bagian daging ayam yang bisa dikonsumsi. Mulai dari paha, dada, sayap, hingga kepalanya bisa diolah untuk kemudian dikonsumsi. Tak hanya itu, bagian kaki atau ceker ayam juga dapat dimasak jadi masakan lezat.

Ceker ayam memang tergolong populer disukai banyak orang. Bahkan tidak sedikit yang lebih suka mengonsumsi ceker dibandingkan bagian ayam lain yang penuh daging, seperti dada atau paha ayam. Menyantap ceker yang penuh tulang memberikan sensasi nikmat tersendiri.

Kenikmatan ceker ini akan semakin meningkat jika dimasak dengan berbagai macam bumbu, seperti bumbu sambal, balado, cabai hijau, atau bahkan kuah bening.

Tapi meskipun bisa dimasak jadi berbagai menu, pada dasarnya proses pengolahan ceker tidak semudah itu. Jika asal dimasak, tekstur ceker bisa jadi keras dan kurang nikmat saat disantap.

Padahal sebagian besar orang menyukai ceker karena teksturnya yang lembut dan empuk. Namun untuk mendapat tekstur seperti itu, ceker harus dimasak dengan cara direbus dalam waktu yang cukup lama. Tekstur ceker yang alot saat masih mentah membuatnya harus direbus selama berjam-jam.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan mengandalkan panci presto. Jenis panci bertekanan tinggi ini dapat membantu mempercepat perebusan ceker. Biasanya ceker yang direbus dalam panci presto bisa langsung empuk dalam waktu 10-15 menit.

Padahal jika tahu triknya, kamu tak perlu selalu mengandalkan panci presto, lho. Seorang pengguna TikTok @monggodahar2 pernah menunjukkan tutorial merebus ceker agar empuk meski tanpa panci presto. Siapa sangka, proses yang dibutuhkan hanya 10 menit saja untuk mendapatkan hasil ceker yang empuk dan lembut.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @monggodahar2 pada Rabu (25/10), pengguna TikTok tersebut juga mengaku menggunakan sejumlah rempah untuk menghilangkan bau amisnya. Nggak cuma itu, dia juga menambahkan bahan tertentu dalam merebus ceker supaya hasil ceker lebih kesat dan tak berlendir.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya