Bukan ditambah baking soda, ini trik merebus kacang panjang agar tetap hijau cerah pakai 1 bahan dapur

Bukan ditambah baking soda, ini trik merebus kacang panjang agar tetap hijau cerah pakai 1 bahan dapur
YouTube/sunjaya channel

Brilio.net - Kacang panjang termasuk jenis sayuran yang sering dimasak sebagai menu rumahan. Sayuran satu ini sering dibilang mirip buncis. Padahal, kacang panjang punya ukuran lebih panjang dan warnanya gelap. Tapi, keduanya sama-sama lezat saat diolah jadi masakan.

Agar matang sempurna, sejumlah orang sengaja merebus kacang panjang terlebih dahulu sebelum dimasak bersama berbagai bumbu. Sama seperti sayuran hijau lainnya, merebus kacang panjang juga perlu trik khusus agar warnanya tidak berubah. Kalau asal direbus, warna hijau kacang panjang tampak kehitaman.

Nah, trik yang bisa dicoba adalah dengan menambahkan baking soda ke dalam air rebusan kacang panjang. Dilansir dari tastingtable.com, baking soda akan membuat air rebusan bersifat basa. Hal ini dapat mempertahankan klorofil yang ada pada kacang panjang. Alhasil, sekalipun direbus dalam waktu lama, warna kacang panjang tetap hijau cerah, lho.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok baking soda sedang habis di rumah, karena ternyata ada bahan dapur lain yang bisa kamu pakai. Cara tersebut pernah dilakukan oleh pengguna YouTube sunjaya channel. Meski tanpa baking soda, dilansir BrilioFood dari YouTube sunjaya channel pada Selasa (24/10), hasil rebusan kacang panjang tetap berwarna hijau cerah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya