Tak perlu pakai kopi, ini cara merebus jengkol agar tidak bau dan cepat empuk tanpa presto

Tak perlu pakai kopi, ini cara merebus jengkol agar tidak bau dan cepat empuk tanpa presto
TikTok/@oktavianii.95

Brilio.net - Jengkol termasuk salah satu bahan makanan yang lezat jika diolah dengan tepat. Saking lezatnya, jengkol bisa dimasak jadi berbagai menu, seperti semur jengkol, jengkol balado, sambal, dan masih banyak lagi. Rasa gurih dan sedikit pahit dari jengkol dinilai bisa menggugah selera.

Namun, walaupun cocok dimasak jadi berbagai masakan, mengolah jengkol terkadang susah, lho. Teksturnya yang padat dan liat atau agak kenyal saat masih mentah membuat jengkol harus direbus dahulu supaya bisa empuk. Nah perebusan ini pun dinilai butuh waktu lama, yakni 30-60 menit jika dengan panci biasa.

Selain durasi perebusan cukup lama, bau menyengat jengkol juga menjadi tantangan tersendiri saat mengolahnya. Walau memiliki banyak penggemar, namun tidak sedikit juga yang justru kurang suka dengan bau menyengat jengkol. Oleh sebab itu, perebusan jengkol juga bertujuan untuk menghilangkan bau tak sedap yang menyengat.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol dan membuat teksturnya jadi empuk. Sebagian besar orang biasanya merebus jengkol menggunakan panci presto bersama bubuk kopi. Panci presto akan membuat jengkol cepat empuk, sedangkan bubuk kopi membantu menghilangkan bau tak sedapnya.

Tapi sebenarnya ada trik dan bahan lain yang bisa digunakan untuk merebus jengkol, nih. Seorang pengguna TikTok @oktavianii pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah. Alih-alih pakai kopi, dia justru memilih bahan lain yang nggak kalah ampuh untuk mengolah jengkol. Dengan begitu jengkol pun empuk dan baunya hilang.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya