Trik merebus ceker agar empuk sampai ke tulang, praktis dan hemat gas walau tanpa presto

Trik merebus ceker agar empuk sampai ke tulang, praktis dan hemat gas walau tanpa presto

Brilio.net - Ceker jadi salah satu bagian ayam yang disukai banyak orang. Tekstur daging ceker yang cenderung lembut dan gurih memang selalu bisa menggugah selera. Apalagi jika dipadukan dengan bumbu lezat seperti balado, dimsum, atau bumbu ceker mercon.

Namun di balik cita rasanya yang lezat, ada proses memasak yang cukup rumit, lho. Sebelum diolah dengan bumbu, ceker harus direbus dalam waktu cukup lama. Selain agar lebih empuk, proses merebus ini juga membuat daging ceker mudah lepas dari tulangnya.

Pada dasarnya, proses merebus ini bisa dipersingkat, jika panci yang digunakan adalah panci presto. Jenis panci ini memang khusus digunakan untuk mengempukkan bahan makanan yang alot seperti ceker.

Sayangnya, tidak semua orang punya alat dapur satu ini di rumah. Namun jika menggunakan panci biasa, proses merebus bisa memakan waktu 1 jam atau bahkan lebih. Lamanya waktu memasak ini tentu bisa bikin boros gas kompor.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada sebuah trik merebus ceker yang bisa dilakukan, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Dapur Chippa mengaku punya trik merebus ceker agar empuk sampai ke tulang walau tidak menggunakan presto. Alih-alih menggunakan panci dan kompor, Chippa memilih perabot dapur lain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya