Bukan disiram air, ini trik sederhana mengatasi nasi keras kurang matang saat dimasak di rice cooker

Bukan disiram air, ini trik sederhana mengatasi nasi keras kurang matang saat dimasak di rice cooker
foto: TikTok/@massawang

Brilio.net - Seperti yang diketahui, nasi menjadi makanan pokok bagi kebanyakan orang di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Banyak masyarakat yang mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat sehari-hari. Dilansir dari jurnal.unej.ac.id, nasi memiliki kandungan karbohidrat dan tinggi magnesium sehingga dapat menjadi sumber energi untuk beraktivitas dan membantu menjaga kesehatan otot dan tulang.

Biasanya banyak yang menyantap nasi hangat bersama aneka lauk pendamping mulai dari sayur, daging, dan sambal. Tak hanya itu, nasi juga kerap diolah menjadi berbagai hidangan seperti nasi goreng, nasi liwet, hingga nasi uduk. Nasi bisa dimasak dengan panci atau memakai rice cooker. Namun saat proses memasak, terkadang ada saja permasalahan yang terjadi.

Ada yang terlalu banyak memasukkan air sehingga nasinya jadi lembek dan terlalu pulen. Memasukkan nasi ke kulkas bisa menjadi solusi agar kadar air pada nasi sedikit berkurang. Selain masalah nasi yang kelembekan, ada juga yang hasilnya justru kurang matang.

Permasalahan satu ini memang menyebalkan karena nasi harus dimasak kembali supaya matang. Namun, ternyata ada beberapa cara yang cukup simpel dan praktis untuk mengatasi hal tersebut, lho. Trik tersebut dibagikan oleh seorang pengguna TikTok @massawang.

Melalui salah satu unggahan videonya, dia membagikan beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nasi yang keras karena kurang matang saat dimasak di rice cooker dengan beberapa bahan tambahan yang cukup mudah didapatkan di dapur rumah.

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya