Trik agar nasi tetap pulen, tidak berkerak, dan tak bau meski disimpan di rice cooker pakai 2 alat ini

Trik agar nasi tetap pulen, tidak berkerak, dan tak bau meski disimpan di rice cooker pakai 2 alat ini
TikTok/@dyndrapinkyofficial

Brilio.net - Mengonsumsi nasi setiap hari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Pada umumnya, nasi dikonsumsi bersama dengan lauk protein dan aneka sayuran. Selain agar lebih kenyang, makan nasi bersama lauk dan sayur juga cenderung lebih sehat karena tubuh bisa mendapat asupan nutrisi lebih lengkap.

Saat hendak mengonsumsi nasi, biasanya sejumlah orang akan menanaknya terlebih dahulu di rice cooker. Penggunaan rice cooker untuk menanak nasi memang cenderung lebih praktis. Selain itu, nasi bisa matang dengan waktu cepat dan hasilnya pun pulen.

Namun rice cooker tak cuma dipakai untuk menanak nasi. Setelah nasi matang, rice cooker pun biasa digunakan untuk menyimpan bahan makanan tersebut supaya tak cepat basi. Tak cuma cepat basi, nasi yang disimpan di rice cooker jadi lebih higienis dan hangat dalam waktu lama.

Di sisi lain, menyimpan nasi di rice cooker sebenarnya juga bisa berdampak buruk pada nasi, lho. Jika disimpan dalam kondisi rice cooker menyala (mode warm), biasanya nasi malah cenderung kering dan berkerak. Tekstur nasi seperti ini membuatnya jadi kurang enak disantap.

Sedangkan jika nasi disimpan saat rice cooker off atau mati, akan sangat mungkin nasi malah basi dan bau. Hal ini kerap terjadi karena adanya uap berlebih yang terperangkap di dalam rice cooker. Alhasil, uap tersebut akan jatuh ke nasi dan membuatnya jadi basi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya