Tanpa tambahan air jeruk nipis, ini trik masak nasi uduk agar semakin pulen, wangi, dan tak cepat basi

Tanpa tambahan air jeruk nipis, ini trik masak nasi uduk agar semakin pulen, wangi, dan tak cepat basi
TikTok/@melingliu

Brilio.net - Ada banyak masakan Indonesia yang selalu cocok disajikan dengan nasi. Wajar saja karena nasi sudah menjadi salah satu makanan pokok sebagian besar masyarakat. Namun menariknya, nasi juga kerap diolah lagi jadi menu yang lebih gurih dan sedap.

Nasi uduk termasuk salah satu menu olahan nasi yang populer. Selain beras, bahan dasar dari pembuatan nasi uduk adalah santan. Ada juga rempah-rempah yang dapat membuat cita rasa khas nasi uduk jadi lebih menggugah selera.

Pada dasarnya, santan inilah yang membuat rasa nasi uduk semakin gurih dan sedap. Namun sayangnya, santan juga yang kemudian bikin nasi uduk cepat basi. Kondisi tersebut tentu dapat mengubah cita rasa dan aroma nasi uduk.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan trik khusus. Salah satunya dengan menambahkan air jeruk nipis ke dalam nasi yang dimasak. Usut punya usut, air jeruk nipis ini dapat menghalau pertumbuhan bakteri yang jadi penyebab nasi uduk malah busuk dan bau.

Sayangnya, ada permasalahan lain yang kerap dialami saat membuat nasi uduk. Proses masak yang kurang tepat juga berpotensi membuat nasi jadi keras. Hal ini sangat rentan terjadi karena takaran santan dan berasnya juga tidak pas.

Lantas untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu menerapkan beberapa trik ketika membuat nasi uduk. Beruntungnya, seorang pengguna TikTok @melingliu pernah membagikan triknya melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku menggunakan metode aron (untuk mendapat nasi pera).

"Ini tipsku masak nasi uduk pera, tapi nggak keras," ungkap TikTok @melingliu, dikutip BrilioFood pada Selasa (9/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya