Tanpa minyak goreng, ini trik menanak nasi agar tak berkerak dan antibasi hingga 2 hari di rice cooker

Tanpa minyak goreng, ini trik menanak nasi agar tak berkerak dan antibasi hingga 2 hari di rice cooker
foto: Instagram/@melizah21

Brilio.net - Menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, menanak nasi pun menjadi kegiatan harian untuk dikonsumsi, baik pagi, siang, dan malam. Selain memang mengenyangkan, nasi juga cocok disantap dengan berbagai macam menu sayur dan lauk.

Sekarang ini menanak nasi nggak ribet, karena cukup mengandalkan rice cooker. Alat elektronik satu ini memang mempermudah dan mempercepat proses menanak nasi. Selain itu, nasi yang dihasilkan juga pulen dan enak.

Namun dibalik kemudahan tersebut, penggunaan rice cooker sebenarnya memiliki efek samping tersendiri, lho. Nasi yang dimasak di rice cooker cenderung mudah berkerak. Belum lagi wadahnya kedap membuat nasi jadi mudah basi dalam hitungan jam.

Masalah seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Sejumlah orang biasanya melakukan trik khusus, seperti menambahkan minyak goreng ke dalam campuran beras. Usut punya usut, minyak goreng akan membuat nasi jadi lebih pulen dan tak berkerak.

Sayangnya, perlu diketahui bahwa penambahan minyak goreng tidak sepenuhnya membuat nasi awet. Biasanya nasi hanya akan bertahan hingga 1 hari saja. Jika ingin lebih lama, kamu perlu menerapkan trik lain dalam menanak nasi.

Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @melizah21 pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video Reels. Bukan dengan minyak goreng, dia menggunakan bahan dapur lain saat menanak nasi. Dan bahan dapur ini dapat membuat nasi jadi tak mudah basi hingga 2 hari, lho.

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya