Tanpa baking soda, ini cara ampuh mengangkat kerak dan noda gosong di rice cooker pakai 2 bahan dapur

Tanpa baking soda, ini cara ampuh mengangkat kerak dan noda gosong di rice cooker pakai 2 bahan dapur
YouTube/Wulan official95

Brilio.net - Rice cooker jadi salah satu peralatan elektronik yang sering digunakan untuk menanak nasi. Namun saat ini, rice cooker sudah didesain khusus agar bisa digunakan untuk memasak makanan, hingga menghangatkan nasi sekaligus lauknya.

Penggunaannya yang terlalu sering membuat rice cooker cepat kotor. Selain sisa nasi bisa menempel, ada juga sisa masakan yang mungkin tertinggal di dalam panci rice cooker. Kalau dibiarkan begitu saja, kotoran tersebut akan gosong dan semakin sulit dihilangkan. Nggak cuma membuat tampilannya kotor, sisa kotoran tersebut juga akan membuat rice cooker mengeluarkan bau tak sedap.

Sejumlah orang lantas memilih membersihkan rice cooker dengan berbagai bahan pembersih. Salah satunya memakai baking soda. Baking soda yang sudah dilarutkan dengan air kemudian digosok ke seluruh sisi rice cooker. Dengan begitu, kerak dan seluruh kotoran di rice cooker langsung hilang tak tersisa.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok baking soda sedang menipis, ternyata ada bahan dapur lain yang bisa digunakan untuk membersihkan rice cooker. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Wulan official95. Di unggahan videonya, tampak ia mengganti baking soda dengan dua bahan dapur lain. Meski begitu, rice cooker tetap bersih maksimal, lho.

Lantas bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya