Bukan baking soda, ini cara mencuci talenan plastik berjamur agar bersih lagi pakai 1 bahan dapur

Bukan baking soda, ini cara mencuci talenan plastik berjamur agar bersih lagi pakai 1 bahan dapur
YouTube/Naoki Hamizan

Brilio.net - Talenan termasuk salah satu peralatan dapur yang sering digunakan. Alat dapur ini bisa digunakan untuk alas memotong berbagai bahan makanan.

Ada banyak jenis talenan yang bisa kamu pilih. Misalnya yang berbahan plastik, kayu, hingga aluminium. Nah, kebanyakan orang biasanya memilih talenan plastik karena harganya cukup terjangkau dan awet, lho.

Meski begitu, sama seperti peralatan dapur lain. Jika talenan plastik sering dipakai, permukaannya jadi cepat kotor. Yang awalnya tampak bersih, lama-kelamaan terlihat begitu hitam dengan sendirinya.

Kalau dilihat dari dekat, noda hitam di permukaan talenan plastik ini adalah jamur. Usut punya usut, hal ini disebabkan karena talenan sering disimpan dalam kondisi lembap.

Nah, kalau mengalami hal serupa, jangan buru-buru membuang talenan, ya. Karena kamu bisa menaburkan baking soda ke seluruh permukaan talenan plastik. Lalu diamkan beberapa saat sebelum digosok pakai spons kawat. Nah, talenan plastik hitam pun jadi kembali bersih maksimal.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok baking soda menipis atau habis. Karena ternyata ada bahan lain yang bisa digunakan untuk mencuci talenan berjamur. Caranya sempat diperlihatkan oleh pengguna YouTube Naoki Hamizan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya