Bukan minyak goreng, ini cara usir hama semut dan kutu putih di tanaman tomat pakai 2 bahan dapur

Bukan minyak goreng, ini cara usir hama semut dan kutu putih di tanaman tomat pakai 2 bahan dapur
YouTube/Adi Susanto Project

Brilio.net - Bagi kamu yang hobi bercocok tanam, tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya hama. Yup, hama menjadi salah satu masalah yang kerap menyerang hampir semua tanaman. Termasuk tanaman yang memiliki buah, seperti tomat.

Di antara banyaknya hama, semut dan kutu putih terkenal paling sering menyerang tanaman tomat. Kedua hama tersebut dapat membuat tanaman tomat jadi rusak. Bukan tanpa sebab, semut berpotensi mengganggu pertumbuhan akar. Sedangkan kutu putih yang menyerang daun tanaman tomat akan membuatnya jadi rusak dan keriting.

Jika dibiarkan lebih lama, hama semut dan kutu putih akan membuat tanaman tomat tidak dapat menghasilkan buah. Parah-parahnya, tanaman tomat bisa kering dan mati. Tentu kamu tidak ingin tanaman tomat di rumah berakhir mati, bukan?

Tak perlu khawatir, sebenarnya ada trik sederhana untuk menyingkirkan hama semut dan kutu putih pada tanaman tomat. Biasanya sejumlah orang akan memanfaatkan minyak goreng yang dicampur dengan air. Usut punya usut, minyak goreng dapat mengusir sekaligus mencegah datangnya hama di tanaman tomat.

Tapi jika ingin lebih ampuh, ada bahan lain yang bisa kamu gunakan, lho. Pengguna akun YouTube Adi Susanto Project pun pernah membeberkannya lebih lanjut melalui salah satu video yang diunggah. Bukan dengan minyak goreng, dia justru mengandalkan bahan dapur lain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya