Tanpa tepung dan baking soda, ini cara menghilangkan lapisan lilin dan pestisida pada anggur

Tanpa tepung dan baking soda, ini cara menghilangkan lapisan lilin dan pestisida pada anggur
YouTube/GST Kitchen - Recipes for Happiness by Ashmi

Brilio.net - Anggur terkenal enak dan kaya nutrisi. Dilansir dari healthline.com, anggur mengandung vitamin B seperti tiamin, riboflavin, dan B6. Ada juga vitamin K yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Buah satu ini cukup mudah ditemukan di pasaran. Namun umumnya anggur yang dijual memiliki lapisan lilin berwarna putih yang menyelimuti kulit atau bagian luarnya. Lapisan lilin ini merupakan pengawet yang membuat anggur tidak cepat busuk.

Saat hendak dikonsumsi, tentu lapisan lilin pada anggur harus dibersihkan. Namun karena tidak bisa hilang hanya dengan dibilas, sebagian besar orang lantas menggunakan tepung atau bahkan baking soda. Jadi, anggur akan direndam atau digosok-gosok dengan kedua bahan tadi sampai lapisan lilinnya luntur.

Nah, selain tepung dan baking soda, sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan. Seorang pengguna YouTube GST Kitchen - Recipes for Happiness by Ashmi pernah membagikan hal tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku menggunakan satu bahan dapur saja untuk melunturkan lapisan lilin sekaligus pestisida pada anggur.

"Grapes have highest concentrations of pesticide residue, these chemicals are toxic to brains and nervous system. You can follow simple cleaning technique to get rid of pesticide and bacteria (anggur memiliki konsentrasi residu pestisida tertinggi, bahan kimia ini beracun bagi otak dan sistem saraf. kamu dapat mengikuti teknik pembersihan sederhana untuk menghilangkan pestisida dan bakteri)," terangnya.

Tanpa tepung dan baking soda, ini cara menghilangkan lapisan lilin dan pestisida pada anggur

foto: YouTube/GST Kitchen - Recipes for Happiness by Ashmi

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya