Tanpa garam atau tepung, ini cara enyahkan noda dan lapisan lilin pada anggur pakai 2 bahan dapur

Tanpa garam atau tepung, ini cara enyahkan noda dan lapisan lilin pada anggur pakai 2 bahan dapur
foto: TikTok/@lexnevercaps

Brilio.net - Ada banyak sekali jenis buah yang dapat dibeli di pasaran untuk jadi stok camilan di rumah. Di antara banyak jenis buah, sudah pasti anggur jadi andalan banyak orang karena ukurannya kecil dan praktis disantap. Jenis anggur yang tersedia di pasaran pun beragam, kamu bisa pilih anggur concord, crimson, sultana, red globe, dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi anggur juga dipercaya baik untuk kesehatan, lho. Dilansir dari healthline.com, anggur memiliki berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh buat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah pertumbuhan sel kanker, menurunkan risiko diabetes, menambah imun tubuh, menguatkan tulang, dan lain sebagainya.

Namun, jangan hanya mengetahui soal manfaat dari dalam buah anggur, kamu juga harus mencuci buah ini sebelum dikonsumsi supaya tetap higienis. Pasalnya, tak ada yang tahu kuman atau bakteri apa yang menempel di kulit buah ini selama proses anggur saat dipetik, dikemas, dan dipajang di etalase buah di pasaran, kan?

Di sisi lain, anggur juga dikenal memiliki lapisan lilin yang dapat tumbuh secara alami ataupun diproses oleh pabrik buah. Lapisan lilin ini diketahui berguna untuk menjaga kadar air di dalam buah, melindungi dari radiasi sinar UV, sampai mencegah serangan bakteri, virus, dan hama yang menyebabkan kerusakan buah. Nah, biasanya, noda serta lapisan lilin buah anggur tak akan hilang dengan mudah kalau hanya dicuci pakai air.

Alhasil, banyak orang menggunakan bahan-bahan seperti garam dan tepung untuk menggosok anggur sebelum dibilas pakai air supaya noda dan lapisan lilinnya bisa luntur. Di samping itu, ada satu cara lagi dari warganet akrab disapa Lex yang dapat kamu tiru di rumah. Cara ini memanfaatkan 2 bahan dapur yang kerap dipakai untuk masak ataupun bikin kue. Usut punya usut, cara ini nggak kalah ampuh bikin anggur jadi super kinclong, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya