Tanpa direndam baking soda, ini cara mencuci anggur agar bebas lilin dan pestisida

Tanpa direndam baking soda, ini cara mencuci anggur agar bebas lilin dan pestisida
TikTok/@daisyjiejie73

Brilio.net - Anggur dikenal sebagai buah yang mengandung banyak nutrisi. Dilansir dari webm.com, buah anggur merupakan sumber potasium dan kalium yang baik. Potasium bisa membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, sedangkan kalium membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Karena ukurannya kecil, biasanya anggur akan disantap langsung sebagai camilan. Namun ada juga yang memilih mengkreasikannya jadi berbagai macam dessert. Misalnya dibikin kue, salad, es buah, hingga puding. Menambahkan anggur bisa memberikan rasa yang khas dan warna ungu alami pada suatu makanan.

Tapi sebelum siap disantap atau diolah, anggur sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Pasalnya, buah ini kerap mengandung pestisida dan banyak kotoran. Nggak cuma itu, anggur juga punya lapisan lilin yang menyelimuti bagian kulitnya.

Kotoran pada permukaan anggur memang bisa dibersihkan dengan air mengalir. Namun tidak dengan lapisan lilin dan pestisidanya. Butuh bahan-bahan khusus untuk menghilangkan lapisan lilin dan pestisida pada anggur agar lebih aman saat dikonsumsi.

Pada umumnya, sebagian orang biasanya akan merendam anggur dengan campuran air dan baking soda. Bahan dapur satu ini dipercaya bisa membuat anggur semakin bersih dan bebas pestisida. Sayangnya, baking soda tidak bisa menghilangkan lapisan lilin pada anggur.



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya