Bukan langsung dibilas air, begini trik menghilangkan lapisan lilin pada buah apel

Bukan langsung dibilas air, begini trik menghilangkan lapisan lilin pada buah apel
TikTok/@dessiinatalia

Brilio.net - Beberapa jenis apel yang diimpor dari luar negeri biasanya memang tampak lebih mengilap dan cantik. Bukan tanpa alasan, penampakan tersebut umumnya karena adanya lilin yang melapisi buah apel. Lapisan lilin ini pun berguna untuk membuat apel jadi tak mudah menghitam dan jadi lebih bersih.

Lilin yang digunakan pun bukan sembarangan. Biasanya, lilin tersebut berasal dari lilin lebah atau hewan lain yang memang digunakan khusus untuk mengawetkan makanan. Walaupun begitu, mengonsumsi apel bersama dengan lapisan lilin ini juga memiliki efek tertentu, lho.

Dilansir dari food.ndtv.com, menurut ahli nutrisi di Bangalore, Dr. Anju Sood, lilin yang digunakan untuk mengawetkan buah dapat merusak sistem pencernaan. Hal ini lantaran lapisan lilin tersebut cenderung tidak mudah diserap oleh tubuh. Sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus, dapat membahayakan usus besar maupun kecil.

Biar lebih aman, kamu perlu menghilangkan lapisan lilin tersebut sebelum menyantap buah apel. Sayangnya, karena lilin ini sangat menempel, jadi tidak bisa semerta-merta hilang jika hanya dibilas dengan air. Oleh karena itu, perlu sebuah trik tersendiri untuk menghilangkan lapisan lilin di buah apel tersebut.

Kamu bisa meniru sebuah trik yang pernah dibagikan oleh warganet bernama Dessi. Melalui akun TikTok/@dessiinatalia, Dessi mengaku memiliki trik untuk menghilangkan lapisan lilin dengan lebih cepat. Dia pun tidak menggunakan air mengalir karena cara tersebut cenderung nggak mempan.

"Lapisan lilin ini nggak akan copot kalau kalian cuma bilas apelnya pakai air mengalir," terang Dessi, dikutip BrilioFood dari akun TikTok @dessiinatalia pada Selasa (6/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya