Trik aman menggoreng cireng supaya antimeledak dan tak menyerap banyak minyak

Trik aman menggoreng cireng supaya antimeledak dan tak menyerap banyak minyak
YouTube/Dhasilfa Raditya

Brilio.net - Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng (cireng). Cireng termasuk jajanan yang enak dan ramah di kantong. Kamu bisa membelinya dengan harga terjangkau di penjual cireng pinggir jalan. Atau bisa juga membelinya dalam bentuk frozen yang kini banyak dijual di swalayan dan toko online.

Cireng pun bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Bahan dasar camilan satu ini adalah tepung tapioka atau tepung aci dalam bahan Sunda.

Adonan cireng dicampur dengan air dan garam. Semua bahan kemudian diuleni sampai benar-benar rata, lalu dicetak jadi pipih. Tahap terakhir, cireng digoreng dalam minyak hingga teksturnya garing dan renyah.

Pada dasarnya, membuat adonan cireng memang cukup mudah. Namun tahap menggoreng cireng justru menjadi pekerjaan yang menyusahkan. Bagaimana tidak, cireng yang digoreng bisa dengan mudah meledak dan menghasilkan letupan minyak. Nah, cipratan minyak panas dari ledakan cireng tadi tentu bisa melukai kulit.

Jika kamu hendak menggoreng cireng, sebaiknya gunakan trik tertentu untuk menghindari hal tersebut. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube bernama Dhasilfa Raditya pernah membagikan trik menggoreng cireng supaya lebih aman. Selain biar nggak meledak, trik menggoreng yang dibagikannya berguna pula supaya cireng tak menyerap banyak minyak, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya