Trik bersihkan lumut bagian dalam galon, kinclong tanpa sikat

Trik bersihkan lumut bagian dalam galon, kinclong tanpa sikat
Mudah Dilakukan. |

Dilansir BrilioFood dari YouTube/mbah bejow pada Jumat (9/12), dia memilih menggunakan sitrun dan batu kerikil yang kasar. Cara mencucinya pun cukup mudah ditiru, kamu tinggal memasukkan kedua bahan tersebut ke dalam galon. Pastikan kamu memasukkan kerikil secara hati-hati agar bagian dasar galon tidak pecah. Nah, barulah kemudian tambahkan sedikit air.

Trik bersihkan lumut bagian dalam galon, kinclong tanpa sikat

foto: YouTube/mbah bejow

Setelah itu, putar-putar galon selama beberapa menit. Proses ini dilakukan untuk membasmi lumut di bagian dalam galon. Penggunaan kerikil sendiri bisa dijadikan sebagai pengganti sikat yang dapat mengangkat lumut. Sedangkan kandungan asam pada sitrun akan membuat lumut semakin mudah terangkat.

Trik bersihkan lumut bagian dalam galon, kinclong tanpa sikat

foto: YouTube/mbah bejow

Saat memutar galon, cek bagian dalamnya sesekali. Jika dirasa sudah bersih dan lumut terangkat, tuang kerikil serta air sitrun ke dalam. Kamu bisa menggunakan kerikil dan air strun tadi untuk membersihkan bagian dalam galon lain jika ada yang berlumut.

Nah, biar makin bersih, kamu bisa mencuci lagi bagian dalam galon dengan air dan sabun cuci piring seperti biasa. Dengan begitu, galon lebih steril dan higienis saat digunakan. Tak perlu khawatir lagi air yang diminum akan kotor atau keruh.

Trik bersihkan lumut bagian dalam galon, kinclong tanpa sikat

foto: YouTube/mbah bejow

Selain menggunakan kerikil dan sitrun, kamu juga bisa menggantinya dengan pasir silika yang diberi sabun cuci piring. Pasir silika sendiri memiliki tekstur butiran-butiran kerikil kecil yang kasar, sehingga bisa membantu mengangkat lumut di dalam galon. Hal ini pun turut diungkapkan salah satu warganet melalui kolom komentar.

"Pakai pasir silika aja sebanyak 3 gelas kasih sunligh setetes kasih air kisaran seperempat gelas..goyang2kan pd daerah yg berlumut..rontok lumutnya. Kalau gak ada pasir silika pakai pasir cor buat bangunan," sahut YouTube/Edi Chandra.

Ditonton lebih dari 57 ribu kali, video milik YouTube/mbah bejow ini sontak menuai perhatian dari warganet. Banyak yang ikut menanggapi langsung melalui kolom komentar. Di antaranya warganet mengaku mendapat ilmu baru yang bermanfaat setelah menonton video tersebut.

"Tutorial menarik bermanfaat mbah," sahut YouTube/ahmad Baedowi.

"Mantap terimakasih tutorial nya," ungkap YouTube/dewiki channel.

"Sangat bermanfaat, maturnuwun," papar YouTube/Yahya Hismi Nurrochman.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya