Trik bikin lontong daun pisang biar isinya padat dan tak mudah basi

Trik bikin lontong daun pisang biar isinya padat dan tak mudah basi
Beras pun tak perlu ditambah pengenyal. |

"Siapa nih yang suka mager bikin lontong daun karena takut pecah atau takut takaran berasnya nggak pas," ujarnya dikutip BrilioFood dari TikTok/@vernanda.lia pada Rabu (26/10).

Menurutnya, daun pisang harus dipanggang terlebih dahulu di atas api sampai cukup lentur. Dengan begitu, daun lebih mudah dibentuk dan nggak mudah sobek saat disematkan pakai lidi. Ia juga menjelaskan, daun sebaiknya digulung dua kali lingkaran biar lebih tebal dan aman saat lontong direbus. Sematkan lidi di satu bagian terlebih dahulu karena yang satu lagi masih harus dibuka untuk memasukkan beras.

Trik bikin lontong daun pisang biar isinya padat dan tak mudah basi

foto: TikTok/@vernanda.lia

Lantas, siapkan beras yang sudah dicuci dan dikeringkan. Beras pun tak perlu ditambah pengenyal. Jika pakai beras pulen, beras diisi hingga setengah bagian bungkus daun. Sementara jika pakai beras pera, mengisinya hingga sepertiga bagian dari cetakan daun pisang. Setalah diisi, daun pisang bisa disematkan dan dirapikan. Bisa juga pakai daun pisang lagi untuk mengikat bagian tengahnya.

Trik bikin lontong daun pisang biar isinya padat dan tak mudah basi

foto: TikTok/@vernanda.lia

Rebus lontong di air mendidih sambil menutup pancinya. Jika sudah direbus sampai dua jam dan airnya menyusut, tambahkan lagi dengan air panas sampai semua lontong terendam lagi dengan air. Masak lagi selama kurang lebih tiga jam biar lontong matang sempurna. Setelah selesai, lontong bisa diangkat dan ditiriskan.

Trik bikin lontong daun pisang biar isinya padat dan tak mudah basi

foto: TikTok/@vernanda.lia

Meski membutuhkan waktu cukup lama untuk membuatnya, memasak lontong dengan cara seperti ini bisa bikin lontong tidak basi selama dua hari walaupun tidak disimpan di dalam kulkas, lho. Vernanda juga menjelaskan, jika ingin lebih hemat gas, bisa memasaknya di atas kayu bakar.

"Klo saya lebih suka dg masak tetap 5jm Krn bikin lontong lebih tahan n Tanak walau gak disimpan di kulkas 2hr," ungkapnya.

Baru diunggah pada Selasa (25/10) lalu, video seputar bikin lontong di akun TikTok/@vernanda.lia ini pun sudah ditonton jutaan kali. Menilik kolom komentarnya, banyak pula informasi bermanfaat lainnya seputar membuat lontong daun di rumah, lho.

@vernanda.lia LONTONG DAUN #lontong #lontongdaun #lontongdaunpisang #membuatlontong #idejualan #reseptiktok #surabayatiktok #fypviral #surabayahitz #fyp #fyp #surabayakuliners #idemenuharian Aesthetic - Tollan Kim

"Saya selalu gagal menyematnya bun," ungkap TikTok/@susianasusi401.

"Biasanya kalo masak ketupat pake metode 10 30 7 biar cpt plus irit gas," jelas TikTok/@WindraCahaya10.

"Tiriskannya dibediriin ka... Ntar bagus lontongnya," imbuh TikTok/@Lele Goreng.

"Aku pake presto cepet banget tinggal buat pergi kondangan aja aman," kata TikTok/@andi jiafei s. pd m. pd.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya