Trik jitu bikin adonan cakwe agar hasilnya mengembang dan berongga

Trik jitu bikin adonan cakwe agar hasilnya mengembang dan berongga
foto: YouTube/Rose Miami Kitchen

Brilio.net - Cakwe bisa dibilang sebagai salah satu hidangan tradisional dari China yang sudah ada sejak abad ke-12. Hidangan satu ini pun lantas tersebar ke berbagai wilayah di dunia, tak terkecuali Indonesia. Cakwe biasanya dijual sebagai camilan oleh pedagang kaki lima maupun jadi topping pada hidangan bubur.

Cakwe juga bisa diolah sendiri di rumah, lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup simpel, hanya pakai tepung, bahan pengembang, sampai bumbu garam serta gula. Tetapi, seringkali masih banyak yang gagal untuk membuat cakwe ini, sehingga hasilnya alot atau sulit dikunyah.

Rupanya, cakwe bisa gagal dibuat bukan hanya karena takaran bahan-bahan yang kurang pas, tapi juga keliru saat membentuk adonan. Nah, salah seorang warganet lewat akun YouTube Rose Miami Kitchen sempat membagikan rahasia adonan cakwe yang bagus, nih. Proses pembuatan cakwe ini bahkan gampang ditiru, sehingga buat para pemula bisa pula mencobanya di rumah.

"Nggak akan alot, kecuali kalau dia bantet dan tidak berongga maka dia kan alot kalau sudah dingin," tulisnya dikutip BrilioFood dari YouTube Rose Miami Kitchen, Jumat (27/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya