Trik memanaskan bakso beku dari freezer agar kembali kenyal dan nggak basi hingga seharian

Trik memanaskan bakso beku dari freezer agar kembali kenyal dan nggak basi hingga seharian
YouTube/BALA GENI

Brilio.net - Bakso memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Karena diburu banyak orang, kamu bahkan bisa menemukan penjual bakso dengan mudah di pinggir jalan. Menjual bakso memang bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan dan lebih menarik banyak pembeli.

Selain membelinya di pedagang, sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Makanan satu ini lumayan simpel, dibuat dari campuran daging, tepung, telur, es batu, dan baking powder. Biasanya ada juga tambahan berbagai macam bumbu untuk meningkatkan cita rasanya.

Adonan bakso yang sudah jadi bisa langsung dicetak dan direbus dalam air mendidih. Jika hendak disantap, kamu bisa menyajikan bakso bersama kuah kaldu, bihun, dan daun seledri. Atau bisa juga disimpan sebagai stok.

Jika hendak disimpan, bakso sebaiknya diletakkan di freezer supaya tidak mudah basi. Pasalnya, bakso termasuk makanan yang mudah lembek dan cepat berubah rasa atau teksturnya. Bahkan kurang dari 1 hari saja kualitas bakso bisa berubah, lho.

Menyimpan bakso di freezer memang bisa membuat teksturnya jadi keras karena beku. Oleh sebab itu, banyak orang biasanya akan merebus lagi bakso agar teksturnya kembali kenyal dan lembut. Proses merebus bakso ini dianggap lebih cepat dibandingkan jika hanya didiamkan di suhu ruang saja.

Sayangnya, cara ini cenderung kurang tepat, lho. Merebus bakso pada dasarnya bisa mengubah teksturnya jadi semakin lembek atau bahkan bisa hancur. Selain itu, bakso yang direbus cenderung lebih cepat basi dalam hitungan jam.

Beruntungnya, seorang pedagang bakso pernah membeberkan trik mengatasi masalah tersebut. Melalui akun YouTube BALA GENI, pedagang tersebut menjelaskan cara ampuh supaya bakso bisa tahan lama dan nggak lembek ketika dipanaskan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya