Trik memasak nasi kuning supaya lebih awet dan tak cepat basi

03 / 10 / 2022 12:01 WIB Annathiqotul Laduniyah
Trik memasak nasi kuning supaya lebih awet dan tak cepat basi
TikTok/@triascatering

Brilio.net - Nasi kuning menjadi makanan yang kerap ditemui dalam berbagai acara. Hidangan ini memiliki rasa cenderung lebih gurih dibandingkan jenis nasi lainnya. Hal ini lantaran nasi kuning dibuat dari beras yang dimasak bersama rempah-rempah dan santan.

Sayangnya, banyak yang mengeluhkan tentang nasi kuningcenderung tidak awet dan mudah basi sesaat setelah dimasak. Jelas saja, santan yang terkandung di dalamnya dikenal sebagai bumbu masak, mudah sekali basi.

Padahal nasi kuning sebenarnya bisa bertahan lebih lama jika dimasak dengan cara yang tepat, lho. Ada beberapa trik yang bisa diterapkan ketika membuat nasi kuning. Seorang pemilik usaha nasi kuning membocorkan rahasia agar nasi kuning lebih awet setelah dimasak.

Menurut lansiran BrilioFood dari akun TikTok/@triascatering pada Senin (3/10), hal pertama yang perlu diperhatikan saat masak nasi kuning adalah proses memasukkan beras ketika santan sudah mendidih.

Trik memasak nasi kuning supaya lebih awet dan tak cepat basi

foto: TikTok/@triascatering

Jangan terburu-buru saat hendak memasukkan beras yang akan dijadikan nasi aron. Pastikan santan sudah benar-benar mendidih ketika hendak memasukkan beras. Dengan begitu, nasi tidak akan cepat basi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya