Trik mengatasi adonan gorengan yang terlanjur berbusa saat digoreng, ampuh cuma tambah 2 bahan

Trik mengatasi adonan gorengan yang terlanjur berbusa saat digoreng, ampuh cuma tambah 2 bahan
YouTube/Chef Indonesia Jogun Juna

Brilio.net - Banyak orang mendapati minyaknya berbusa ketika digunakan menggoreng bahan makanan. Hal ini kerap terjadi pada minyak yang sudah digunakan berkali-kali. Selain itu, bahan makanan tertentu juga bisa menyebabkan minyak goreng jadi berbusa, seperti telur dan ikan asin.

Namun tak hanya itu, saat menggoreng bahan makanan yang mengandung tepung seperti gorengan, minyak juga berpotensi jadi berbusa, lho. Padahal busa pada minyak bisa mengganggu proses menggoreng. Makanan jadi tertutup busa dan tak terlihat kematangannya. Jika dibiarkan, hal ini bisa berpotensi menyebabkan makanan gosong, lho.

Usut punya usut, hal ini disebabkan oleh salah satu bahan yang digunakan dalam adonan tersebut. Biasanya banyak orang akan menganggap bahwa penyebabnya adalah penambahan telur untuk campuran adonan. Padahal, ada bahan lain yang juga berpotensi menyebabkan minyak berbusa.

Seorang konten kreator makanan bernama Jogun Juna pernah membeberkannya. Melalui unggahan di YouTube Chef Indonesia Jogun Juna, dia menjelaskan penyebab sekaligus cara mengatasi adonan gorengan yang terlanjur berbusa ketika digoreng. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh bahan pengembang yang digunakan.

Dalam beberapa adonan gorengan, sejumlah orang biasanya akan menambahkan bahan pengembang seperti kapur sirih. Saat dicampur ke dalam adonan gorengan, bahan pengembang ini juga berfungsi untuk merenyahkan tekstur. Saat digoreng, adonan dengan campuran kapur sirih biasanya lebih renyah dan tak mudah lembek dalam waktu yang lama. Sayangnya, penggunaan kapur sirih juga punya kelemahan, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya