Trik mengatasi minyak goreng yang bau tengik, ampuh pakai bahan dapur

Trik mengatasi minyak goreng yang bau tengik, ampuh pakai bahan dapur
foto: YouTube/Retno Sulistyowati

Brilio.net - Minyak goreng sudah jadi barang wajib yang harus ada di dapur. Minyak dimanfaatkan baik untuk menggoreng makanan, memanggang, atau menambah tekstur pada suatu makanan. Banyaknya kebutuhan memasak dengan minyak goreng lantas membuat sebagian orang memilih untuk membelinya dalam jumlah banyak sebagai stok.

Dengan stok minyak goreng di rumah, memasak memang jadi lebih praktis. Namun sayangnya, stok minyak goreng ini juga bisa menimbulkan masalah jika tidak disimpan dengan baik. Penyimpanan yang salah dalam waktu lama akan membuat aroma minyak goreng ini bisa berubah jadi tengik.

Tapi tahu nggak, sih? Minyak goreng tengik ini tidak hanya disebabkan karena cara menyimpan yang salah, namun juga karena sudah dipakai berulang-ulang. Saat digunakan untuk menggoreng, ada aktivitas enzim serta proses hidrolisis pada minyak. Pada reaksi tersebut, terjadi proses kimia yang menghasilkan senyawa aldehid dan keton, penyebab bau tengik pada minyak goreng.

Kondisi minyak goreng yang tengik ini lantas membuat sebagian orang memilih untuk membuangnya langsung. Bukan tanpa alasan, minyak goreng yang bau memang dapat membuat masakan juga tidak enak dan cepat basi. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru membuang minyak goreng yang bau jika sebenarnya kualitas minyak masih bagus.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya