Trik menggoreng kacang tanah supaya matangnya pas, tidak gosong dan tetap irit minyak

Trik menggoreng kacang tanah supaya matangnya pas, tidak gosong dan tetap irit minyak
foto: YouTube/Eddy Siswanto

Brilio.net - Kacang tanah menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dijadikan berbagai olahan. Mulai dari camilan, bumbu masakan, sambal, hingga topping berbagai menu makanan. Rasanya yang gurih dan lezat membuat jenis kacang ini memang disukai banyak orang.

Selain enak, kacang tanah juga bisa dimasak dengan berbagai macam metode, lho. Salah satunya adalah dengan cara digoreng. Kacang tanah goreng biasanya akan dijadikan camilan atau bisa juga diolah lagi jadi sambal dan bumbu masakan.

Saat digoreng, kacang tanah akan mengeluarkan aroma sedap yang khas. Selain itu, tekstur kacang juga jauh lebih renyah dan cocok disantap sebagai camilan. Warna kacang yang semula pucat juga berubah kecokelatan, sehingga akan semakin menarik perhatian.

Sayangnya, membuat kacang goreng yang renyah dan sedap tidak semudah yang dibayangkan, lho. Proses penggorengannya harus dilakukan dengan metode khusus. Karena jika tidak, hasil kacang goreng bisa rentan gosong karena overcooked.

Untuk menghasilkan kacang goreng yang renyah dan matangnya pas, sebagian orang biasanya akan menggunakan minyak dalam jumlah banyak. Pasalnya, hal ini akan membuat kacang matang secara merata. Dengan begitu hasilnya nggak bakal gosong dan hitam.

Namun jika kacang tanah yang hendak digoreng hanya sedikit, tentu hanya akan boros minyak. Padahal sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan saat hendak menggoreng kacang tanah agar lebih irit minyak. Trik ini pernah dibagikan oleh seorang kreator konten YouTube bernama Eddy Siswanto.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

    Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

  • Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

    Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

  • Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

    Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

Review

Selengkapnya