Trik menghaluskan kentang tanpa blender dan alat pelumat, hemat cucian piring

Trik menghaluskan kentang tanpa blender dan alat pelumat, hemat cucian piring
YouTube/'Lily Chan

Brilio.net - Selain dimasak utuh, kentang juga bisa diolah ketika sudah dihaluskan. Kentang halus ini bisa diolah jadi perkedel, potato schotel, atau bola-bola kentang. Selain jadi bahan dasar untuk aneka masakan, kentanghalus atau mashed potato juga kerap digunakan sebagai pengganti nasi, lho. Tingginya pati dalam kentang memang dikenal bisa bikin tubuh kenyang saat menyantapnya.

Namun sebelum siap dihaluskan, kentang biasanya perlu dikupas dan direbus atau dikukus terlebih dahulu. Proses memasak ini bertujuan supaya tekstur kentang lebih lunak dan lembut. Sehingga kentang akan lebih mudah dihaluskan, ditumbuk, dan dicampur dengan berbagai bahan lain.

Nah, saat hendak menghaluskankentang, kamu bisa menggunakan berbagai alat seperti blender maupun potato masher (alat pelumat kentang). Kedua alat ini dikenal bisa cepat menghaluskan kentang. Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat-alat tersebut di rumah. Sehingga banyak di antaranya yang kemudian memilih menghaluskan kentang secara manual dengan cobek dan ulekan.

Padahal menghaluskan kentang dengan cobek dan ulekan bisa memakan waktu lebih lama, nih. Selain itu, jika tidak diulek dengan baik, kentang yang dihasilkan juga masih kurang halus. Belum lagi jika kentang yang dihaluskan hanya sedikit, cara ini justru menimbulkan banyak cucian piring.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan alat dan cara lain yang lebih sederhana, lho. Cara ini pernah dibagikan oleh salah satu warganet melalui channel YouTube/'Lily Chan. Melalui unggahannya, Lily membeberkan cara yang selalu digunakan saat hendak menghaluskan kentang secara manual tanpa bikin cucian piring menumpuk.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya