Trik menghaluskan kulit ikan tanpa chopper, cocok buat bekal bikin pempek

Trik menghaluskan kulit ikan tanpa chopper, cocok buat bekal bikin pempek
foto: YouTube/Lingtjen Kitchen

Brilio.net - Pempek dikenal sebagai makanan yang dibuat dari ikan sebagai bahan utamanya. Tidak hanya bagian dagingnya saja, kulit ikan juga biasanya turut diolah jadi salah satu varian pempek. Pempek kulit ikan ini identik dengan warnanya yang lebih gelap dari pempek biasanya, namun rasanya cenderung lebih gurih dan kenyal.

Untuk membuat pempek satu ini, bagian kulit ikan yang digunakan sebagai bahan dasar perlu dihaluskan terlebih dahulu. Umumnya, proses menghaluskan kulit ikan ini menggunakan mesin seperti chopper atau alat penggiling. Bahkan tidak jarang yang mengandalkan jasa penggiling untuk menghaluskan kulit ikan tersebut.

Sayangnya jika menggunakan mesin, biasanya ada banyak hasil kulit ikan yang menempel. Kulit ikan yang teksturnya sudah halus dan lembut kerap menempel di bagian mata pisau atau di dinding choppernya. Jika kulit ikannya hanya sedikit, tentu hasil gilingannya akan semakin sedikit.

Tapi tak perlu khawatir, ada trik yang bisa dilakukan untuk menghaluskan kulit ikan tanpa menggunakan mesin atau chopper. Meski begitu, hasilnya tak kalah halus adri mesin. Trik tersebut dibagikan oleh pengguna YouTube/Lingtjen Kitchen. Melalui salah satu video yang diunggahnya, pemilik channel tersebut menjelaskan paling tidak ada dua trik untuk menghaluskan kulit ikan.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya