Trik mengolah daun pepaya jepang agar tak beracun dan aman dikonsumsi

Trik mengolah daun pepaya jepang agar tak beracun dan aman dikonsumsi
YouTube/Rumah Ceria

Brilio.net - Selain daun pepaya biasa, ada pula daun pepaya jepang yang bisa dikonsumsi. Berbeda dengan pohon pepaya biasa yang berbuah, tumbuhan pepaya jepang ini tidak berbuah, melainkan hanya berbunga. Ukuran batangnya pun diketahui lebih kecil dibanding pohon pepaya biasa.

Ada satu lagi perbedaan antara dua tanaman ini, nih. Jika daun pepaya biasa memiliki rasa cenderung pahit, tapi tidak dengan daun pepaya jepang. Bahkan, daun pepaya jepang disebut-sebut lebih enak karena ada rasa manisnya. Dilansir dari steemit.com, daun pepaya jepang juga mengandung sejumlah khasiat untuk kesehatan.

Daun pepaya jepang ini bagus untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, melancarkan pencernaan, menguatkan imun, menyehatkan jantung, sampai mencegah penuaan dini. Meski banyak manfaatnya, namun daun pepaya jepang ini juga punya efek samping berbahaya buat tubuh, lho. Pasalnya, senyawa di dalamnya disebut-sebut beracun yang berisiko membahayakan janin untuk ibu hamil, bikin mata perih, alergi, dan hidung berair.

Salah seorang warganet di akun YouTube Rumah Ceria sempat membagikan pengalamannya ketika mengolah daun pepaya jepang ini lewat sebuah unggahan YouTube. Menurutnya, penting untuk memasak daun jepang dengan benar, sehingga komposisi pada sayuran tersebut yang dikenal beracun bisa hilang dan aman untuk dikonsumsi.

"Sayur ini mengandung senyawa yang berbahaya, yaitu senyawa sianogen glikosida yang dapat melepaskan racun hidrogen sianida," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Rumah Ceria pada Jumat (17/2).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya