Tanpa menggunakan tanah liat, ini cara merebus daun pepaya agar hilang rasa pahitnya

Tanpa menggunakan tanah liat, ini cara merebus daun pepaya agar hilang rasa pahitnya
YouTube/@SubarDhiny

Brilio.net - Daun pepaya pada umumnya dihidangkan sebagai menu pendamping. Daun yang memiliki bentuk menjari dan berongga di bagian tengah ini juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir healthline.com, kandungan daun pepaya dapat dimanfaatkan untuk menutrisi rambut, memperlancar ASI, hingga mencegah tumbuhnya kanker.

Tapi meski kaya manfaat, namun banyak orang masih enggan makan daun pepaya karena rasanya cukup pahit. Padahal tingkat pahit tersebut bisa diatur saat proses memasak. Pasalnya, ada trik khusus untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.

Salah satu caranya adalah dengan merebus daun pepayaterlebih dahulu. Selain untuk menghilangkan rasa pahitnya, proses ini juga membuat tekstur daun pepaya menjadi empuk. Namun, pastikan kamu menggunakan cara yang benar saat merebusnya. Karena jika asal, warna daun pepaya malah akan berubah menjadi cokelat kehitaman dan tidak segar lagi.

Sebagian orang sengaja mencampurkan tanah liat ke dalam air rebusan daun pepaya. Namun sebelum direbus, harus dicuci bersih terlebih dahulu.

Usut punya usut, selain pakai tanah liat ternyata ada cara lain yang lebih praktis bisa kamu tiru. Cara ini ditunjukkan oleh pengguna YouTube @SubarDhiny saat merebus daun pepaya sebelum mengolahnya menjadi masakan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya