Tanpa daun pisang dan plastik, ini 5 cara bikin lontong agar pulen, lembut, dan antigagal

Tanpa daun pisang dan plastik, ini 5 cara bikin lontong agar pulen, lembut, dan antigagal
YouTube/@rinaruhiyani8285

Brilio.net - Nggak cuma kaya akan budaya, namun Indonesia juga memiliki segudang kuliner khas Nusantara yang terkenal lezat. Salah satu kuliner khasnya adalah lontong. Nggak cuma dikonsumsi saat Lebaran saja, namun kamu juga bisa menikmati lontong di hari-hari biasa, kok.

Bukan tanpa alasan, sebab lontong bisa diolah menjadi menu lezat bersama aneka lauk. Mulai dari lontong balap, lontong Medan, sambal lontong, dan lainnya. Lontong sendiri terbuat dari beras yang dibalut daun pisang lalu dimasak dengan cara direbus.

Namun, apabila tidak punya daun pisang di rumah, sebagian orang membungkusnya menggunakan plastik. Meski terbilang praktis, sayangnya lontong yang dibungkus plastik jika tidak diolah dengan benar, bisa gagal, lho. Misalnya justru kurang padat isiannya, bahkan plastiknya pun dapat terbuka saat proses perebusan.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh seorang pengguna YouTube @rinaruhiyani8285 saat membuat lontong sendiri di rumah. Tanpa menggunakan daun pisang maupun plastik, hasil lontong tetap pulen dan lembut. Nggak cuma itu, proses pembuatannya pun terbilang lebih praktis daripada biasanya.

Jadi penasaran kan bagaimana cara membuat lontong ala perempuan satu ini? Berikut telah BrilioFood lansir dari YouTube @rinaruhiyani8285, Kamis (9/2).

Bahan yang dibutuhkan:
- 3 cup berasnya
- 9 cup air biasa
- Minyak goreng

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya