Trik merebus daun kenikir agar teksturnya empuk dan warnanya tetap hijau segar

Trik merebus daun kenikir agar teksturnya empuk dan warnanya tetap hijau segar
foto: YouTube/Fau Fau

Brilio.net - Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Nggak cuma bayam, sayuran hijau lain yang bisa dikonsumsi adalah daun kenikir. Selain mengandung serat yang cukup tinggi, dilansir dari webmd.com, daun kenikir juga memiliki kandungan protein, vitamin B, C, dan kalsium.

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika daun kenikir dilewatkan begitu saja. Daun kenikir bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang enak, lho. Mulai dari oseng kenikir, sayur urap, gulai kenikir, dan masih banyak lainnya.

Sebelum diolah menjadi berbagai macam hidangan, daun kenikir biasanya direbus terlebih dahulu. Hal ini bertujuan mengurangi rasa pahit serta membuat teksturnya menjadi empuk. Merebus daun kenikir ini juga harus dilakukan dengan cara yang benar.

Karena jika asal, daun kenikir yang sudah direbus malah berubah warna menjadi kecokelatan dan teksturnya alot saat disantap. Jika sudah seperti ini, tentunya daun kenikir pun menjadi berkurang kenikmatannya saat disantap.

Untuk meminimalisir hal ini terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube Fau Fau saat merebus daun kenikir. Dengan cara ini, ia menjamin rebusan daun kenikir yang dihasilkan akan empuk dan tetap berwarna hijau cerah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya