Trik menggoreng donat bomboloni supaya warnanya merata dan antikempis

Trik menggoreng donat bomboloni supaya warnanya merata dan antikempis
YouTube/Resep Papa

Brilio.net - Donat bomboloni dikenal dengan bentuknya yang cukup unik. Tidak bulat dan ada lubang di tengah menyerupai cincin seperti biasa, donat bomboloni justru berbentuk bulat utuh. Di bagian dalamnya memiliki filling atau isian berupa selai atau vla aneka rasa.

Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, namun cara membuat donat bomboloni ini pada dasarnya sangat mirip. Mulai dari pengolahan adonan hingga pematangannya pun sama. Yang berbeda hanya terletak pada proses mencetak adonan.

Sama dengan donat biasa, adonan donat bomboloni ini juga harus digoreng supaya lebih matang dan bisa disantap. Namun perlu diperhatikan bahwa proses menggoreng donat bomboloni ini tidak boleh sembarangan, lho. Pasalnya banyak orang yang mendapati hasil donat justru kempis atau bahkan warnanya tidak merata.

Hal ini disebabkan karena bentuk donat yang cenderung bulat dan utuh. Saat terkena suhu panas akibat proses penggorengan, ragi dari donat pun bisa bereaksi dan menghasilkan gelembung udara. Nah, gelembung-gelembung udara kecil yang timbul ini akan membuat warna permukaannya jadi tak rata saat digoreng.

Usut punya usut, ada sebuah trik yang bisa diterapkan untuk menghindari masalah tersebut. Trik ini pernah dipaparkan oleh pengguna YouTube Resep Papa. Dalam salah satu unggahannya, dia menjelaskan dengan detail trik menggoreng donat bomboloni supaya warnanya merata, antikempis, dan juga tidak menyerap minyak.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya