Trik mengolah daun pepaya jepang agar tak beracun dan aman dikonsumsi

Trik mengolah daun pepaya jepang agar tak beracun dan aman dikonsumsi
Mudah Ditiru. |

Semula, cuci dulu daun pepaya jepang menggunakan air mengalir sampai bersih. Setelah itu siapkan semua bumbu untuk memasak sayuran satu ini. Sembari menyiapkan bumbu, kamu bisa memanaskan air secukupnya dengan tambahan sedikit garam, tunggu sampai mendidih.

Garam ini disebut-sebut bisa berguna untuk menjaga warna daun pepaya jepang tetap hijau setelah dimasak, lho. Di samping itu, dilansir dari cooking.stackexchange.com, garam juga dapat berfungsi mempertahankan rasa asli dari sayuran itu sendiri agar tak berubah.

Trik mengolah daun pepaya jepang agar tak beracun dan aman dikonsumsi

foto: YouTube/Rumah Ceria

Nah, setelah airnya mendidih, masukkan semua daun pepaya jepang yang ingin dimasak. Rebusan daun pepaya jepang bisa diaduk sesekali. Kemudian saat air rebusannya sudah berubah jadi kecokelatan dan daun pepaya matang, angkat, dan ditiriskan. Setelah itu daun pepaya jepang harus dibilas kembali untuk menghilangkan sisa racun di dalamnya.

"Intinya untuk masak sayur ini kita harus merebus dulu dan buang dulu air rebusannya," tegas pemilik akun YouTube Rumah Ceria.

Trik mengolah daun pepaya jepang agar tak beracun dan aman dikonsumsi

foto: YouTube/Rumah Ceria

Lantas, daun pepaya jepang pun sudah bebas dari racun dan siap dikonsumsi langsung jadi lalapan atau dimasak lagi sesuai selera. Pemilik akun YouTube Rumah Ceria kali ini memasaknya jadi tumisan pakai bumbu-bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, cabai, garam, penyedap, dan gula merah.

Trik mengolah daun pepaya jepang agar tak beracun dan aman dikonsumsi

foto: YouTube/Rumah Ceria

Wah, simpel banget, kan? Mulai sekarang, penggemar daun pepaya jepang nggak perlu takut lagi mengonsumsinya karena sudah tahu cara pengolahan agar racunnya hilang.

Mengintip kolom komentarnya, banyak warganet yang juga terinspirasi dengan cara memasak ini, lho. Unggahan di akun YouTube Rumah Ceria ini juga sudah ditonton lebih dari tiga ratus ribu kali.

"Mau sharing dikit nih mom seputar ini dulu aku sering bgit masak syuran itu tapi semenjak tanteku bilang kalo sayuran itu racunan aku jadi gak pernah masak lagi padahal ampe rimbun tanemannya di blakang rumah. btw thanks mom videonya segitu bermanfaat bwt aku sbagai irt yang trkadang tuh sering kebingungan untuk sayuran urgent ," jelas YouTube Roro Kamil.

"Sudah dicoba moms, enak banget!! Trims sudah berbagi ilmu dan resepnya ," kata YouTube Rizki Sekaringtyas.

"Mantapp Pemakaian Gula merah jg LEBIH SEHAT (gula aren) drpd pake gula pasir," imbuh YouTube Raden Sri.

"Sayur itu memang enak sekali,kl boleh sharing ,ngerebusnya selain pakai garam pakai jg sedikit soda kue,warna daunnya jd hijau segar dan teksturnya jd lebih lembut," ujar YouTube lutfiah lutfiah umar.

"Owh, ternyata beracun ya? Baru tahu saya

Makasih sudah kasih info Bunda ," ungkap YouTube Dapur Erinda.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya