Trik menyimpan air kelapa ini bikin nggak cepat basi sampai berbulan-bulan

Trik menyimpan air kelapa ini bikin nggak cepat basi sampai berbulan-bulan
foto: YouTube/Ari Hindriyani Ari

Brilio.net - Air kelapa termasuk hasil dari buah kelapa yang paling sering dikonsumsi. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, air kelapa ini memang memiliki banyak sekali khasiat. Dilansir dari healthline.com, mengonsumsi air kelapa bisa membantu mencegah batu ginjal, menurunkan kadar gula, mendukung kesehatan jantung, dan bisa jadi sumber hidrasi bagi tubuh.

Karena deretan manfaat itulah, banyak orang kemudian kerap menyetok air kelapa di rumah. Jadi, air kelapa yang dibeli di pedagang dalam jumlah banyak akan disimpan dan bisa langsung diminum sewaktu-waktu. Tapi sayangnya, air kelapa termasuk jenis minuman yang mudah sekali basi. Terlebih jika air kelapa disimpan dalam botol dan diletakkan di suhu ruang. Saat botol berisi air kelapa ini dibuka setelah beberapa hari, biasanya akan timbul sedikit ledakan akibat gas yang menumpuk.

Namun bukan hanya di suhu ruang, saat disimpan dalam kulkas sekalipun, air kelapa bisa basi dalam beberapa hari. Tanda air kelapa basi biasanya memiliki rasa yang kecut dan aroma kurang sedap. Jika sudah begitu, sudah pasti air kelapa tidak layak dikonsumsi dan justru berpotensi bisa bikin keracunan, lho.

Nah, jika kamu punya stok air kelapa yang banyak, penting untuk memerhatikan proses penyimpanannya. Kalau bingung, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube bernama Ari Hindriyani Ari. Dalam salah satu unggahannya, dia memiliki sebuah trik mengawetkan air kelapa supaya lebih tahan lama.

Trik menyimpan air kelapa ini bikin nggak cepat basi sampai berbulan-bulan

foto: YouTube/Ari Hindriyani Ari

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya