Trik merebus sagu mutiara ini bikin hemat gas, hasilnya kenyal dan nggak menggumpal

Trik merebus sagu mutiara ini bikin hemat gas, hasilnya kenyal dan nggak menggumpal
foto: YouTube/Panggil Aku Sarah

Brilio.net - Sebelum siap diolah jadi sajian manis atau gurih, sagu mutiara memang harus direbus terlebih dahulu. Proses perebusan ini akan membuat biji sagu jadi matang dengan tekstur yang lebih empuk dan kenyal. Tekstur sagu mutiara yang empuk tentu membuatnya jadi lebih mudah diolah dan dikonsumsi nantinya.

Namun proses merebus sagu mutiara ini juga nggak boleh sembarangan, lho. Salah-salah, sagu mutiara yang dihasilkan justru masih memiliki titik putih di bagian tengahnya. Hal ini menjadi tanda bahwa sagu masih belum matang. Selain nggak matang sempurna, proses perebusan yang tidak tepat juga bikin hasil sagu justru lengket dan menggumpal. Tekstur sagu yang seperti ini membuatnya jadi lebih sulit diolah nantinya lantaran mudah hancur.

Untuk itu, perlu sebuah trik khusus saat merebus biji sagu mutiara ini. Salah satu pengguna YouTube bernama Sarah pernah membagikan trik seputar merebus sagu mutiara. Melalui channel YouTube Panggil Aku Sarah, dia membagikan sebuah video berjudul Tips Merebus Sagu Mutiara Agar Cepat Matang dan Hemat Gas.

Pada umumnya, merebus sagu mutiara ini juga membutuhkan waktu yang lama. Tak jarang, proses perebusannya mencapai lebih dari satu jam untuk menghasilkan tekstur sagu yang kenyal sempurna. Dengan waktu selama itu, tentu gas kompor bisa cepat habis.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya