Trik merendam bihun ini bikin awet dan nggak lembek sampai seharian, cocok untuk jualan

Trik merendam bihun ini bikin awet dan nggak lembek sampai seharian, cocok untuk jualan
foto: YouTube/Cholil Mustofa Official

Brilio.net - Salah satu cara mengolah bihun adalah dengan merendamnya di dalam air. Teksturnya yang cenderung tipis membuat bahan makanan satu ini memang mudah lembut dan kenyal. Tidak perlu waktu lama untuk merendam bihun yang mulanya keras, bisa jadi kenyal dan siap diolah.

Pada dasarnya, merendam bihun memang mudah. Kamu cukup meletakkannya di dalam air dan menunggu selama beberapa saat. Jika ingin prosesnya lebih cepat, kamu bisa menggunakan air panas dan bihun bisa langsung kenyal seketika.

Namun perlu diketahui bahwa proses perendaman bihun ini bisa memengaruhi keawetannya. Jika direndam dengan tidak benar, bihun biasanya hanya bisa bertahan selama 1-2 jam setelah matang. Lebih dari itu, bihun biasanya berubah lengket dan berlendir. Jika sudah begitu, bisa dipastikan bihun tidak layak dikonsumsi.

Hal ini tentu jadi dilema tersendiri bagi para pedagang makanan yang mengandalkan bihun sebagai salah satu bahan bakunya. Misalnya pedagang bakso atau telur gulung yang menggunakan isian bihun. Nah, bihun yang direndam sembarangan dan mudah basi ini tentu tidak bisa dijual dan akan terbuang sia-sia.

Menanggapi hal tersebut, salah satu warganet YouTube membagikan sebuah trik sederhana dalam merendam bihun. Melalui channel YouTube Cholil Mustofa Official, dia mengaku bahwa trik merendam bihun yang biasa dilakukan bikin bihun lebih awet. Tak tanggung-tanggung, bihun tersebut bisa tetap segar dan tak berlendir sampai seharian (24 jam).

Trik merendam bihun ini bikin awet dan nggak lembek sampai seharian, cocok untuk jualan

foto: YouTube/Cholil Mustofa Official

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya