Trik pisahkan kulit kacang hijau dari tauge agar lebih hemat air

Trik pisahkan kulit kacang hijau dari tauge agar lebih hemat air
Patut Dicoba Di Rumah. |

Padahal, ada trik untuk memisahkan kulit kacang hijau dari tauge ini dengan mudah, lho. Trik ini dibagikan oleh warganet yang akrab disapa Mbak Lik. Cukup pakai tiga alat, yakni dua baskom dan satu saringan atau bakul nasi plastik. Ketiga alat ini sangat membantu supaya penggunaan air lebih hemat untuk membilas tauge nantinya.

"Cara mengupas kulit taugenya itu biar cepet, bersih, kayak orang-orang yang jual di pasar itu ya," ucapnya dikutip BrilioFood dari YouTube/MBAK LIK pada Jumat (25/11).

Trik pisahkan kulit kacang hijau dari tauge agar lebih hemat air

foto: YouTube/MBAK LIK

Semula, tauge harus direndam dulu di baskom berisi air. Mbak Lik juga menjelaskan, biar kulit kacang hijaunya lebih mudah lepas dan terangkat, harus ditambahkan es batu. Rupanya, suhu dingin es batu ini bisa membantu kulit kacang hijau terpisah dari tauge. Diamkan tauge di dalam air es tersebut selama 15 menit sampai 1 jam.

Trik pisahkan kulit kacang hijau dari tauge agar lebih hemat air

foto: YouTube/MBAK LIK

Kemudian, siapkan satu baskom lagi dan tumpuk dengan saringan atau bakul nasi. Letakkan kedua alat tersebut di wastafel. Tuangkan air rendaman tauge beserta kulit kacang hijau yang terapung tersebut. Jangan sampai tumpah ke wastafel karena air nantinya akan digunakan kembali. Lantaran sudah ditampung oleh saringan, nantinya kulit kacang hijau akan otomatis terpisah dari air.

Trik pisahkan kulit kacang hijau dari tauge agar lebih hemat air

foto: YouTube/MBAK LIK

Air yang sudah dituangkan ke baskom bisa dikembalikan lagi ke tauge. Aduk-aduk sedikit agar kulit kacang hijau yang masih ada di bawah bisa terangkat. Tuangkan lagi ke baskom yang ditumpuk saringan seperti cara sebelumnya. Ulangi langkah-langkah ini beberapa kali sampai kulit kacang hijau sepenuhnya hilang. Dengan cara ini, tak perlu menambahkan air berkali-kali, jadi lebih hemat, kan?

Trik pisahkan kulit kacang hijau dari tauge agar lebih hemat air

foto: YouTube/MBAK LIK

Jika tauge sudah bersih, artinya telah siap diolah jadi aneka hidangan sesuai selera. Nah, kalau kamu biasanya membersihkan kulit kacang hijau dari tauge dengan cara seperti apa, nih? Menilik kolom komentar unggahan YouTube/MBAK LIK, banyak warganet yang terinspirasi dengan trik yang dibagikan Mbak Lik ini, lho. Unggahan ini juga sudah ditonton ratusan kali.

"Wah saya paling lama ngebuang kulit togenya. Dengan cara tutorial dari kk ternyata lebih cepat dan praktis. Thank you kk atas sharingnya ," ujar YouTube/PHA MEY channel.

"Wah ternyata gitu yah caranya bunda, mantap ," puji YouTube/Rayyca dan Rayyva.

"Wah bisa diconto ini , makasih mbak tutorialnya keren ," ungkap YouTube/Ayusaka.

"bersih banget... jd enak kalo di bikin nanti," kata YouTube/mas dhanu channel.

"Wah jadi lebih mudah ya ," pungkas YouTube/CHOKY COVER LAGU.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan This or That, enakan kebab pertama di Indonesia atau kebab kekinian?

  • Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

    Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

Review

Selengkapnya