Trik sederhana agar klepon tidak lengket satu sama lain setelah direbus

Trik sederhana agar klepon tidak lengket satu sama lain setelah direbus
Instagram/@fransiska_tien

Brilio.net - Begitu banyak camilan tradisional yang hingga kini masih eksis. Mulai dari yang gurih, pedas, sampai manis. Nah, ngomong-ngomong soal camilan manis, kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan hidangan kue lapis, putu ayu, dadar gulung, lemper, nagasari, klepon, dan lainnya.

Namun, jika kamu tinggal di daerah perkotaan mungkin sudah jarang menemui camilan tradisional tersebut. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena beberapa camilan manis tradisional bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Contohnya klepon, kamu hanya perlu membuat adonannya, diisi gula merah, serta baluri dengan kelapa parut setelah adonan jadi.

Memang mudah untuk dibuat, tetapi ada satu hal yang bisa bikin kesal usai adonan klepon direbus, nih. Yakni adonan bola-bola klepon tersebut justru saling menempel satu sama lain. Pasalnya, jika sudah menempel dan ingin dilepas, adonan klepon bisa-bisa malah sobek. Alih-alih siap menikmati kelezatan klepon, justru bikin 'drama' di dapur, kan?

Nah, rupanya hal tersebut bisa dicegah dengan sejumlah cara. Kebanyakan yang orang tahu, klepon bisa direbus dengan tambahan sedikit minyak biar nggak lengket. Tetapi, buat yang tidak ada stok maupun memang ingin menghindari penggunaan minyak, bisa pula pakai trik lain, nih. Ada trik biar klepon nggak lengket yang dibagikan oleh warganet bernama Maharanie lewat unggahan di TikToknya.

"umur berapa baru tau (trik bikin klepon)," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok/@maharanie2019 pada Jumat (23/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya