Trik simpel membungkus nasi bakar pakai daun pisang, rapi dan kokoh tanpa lidi

Trik simpel membungkus nasi bakar pakai daun pisang, rapi dan kokoh tanpa lidi
TikTok/@murtiws01

Brilio.net - Masakan khas Nusantara terkenal akan bumbu rempahnya yang sedap banget di lidah. Di samping itu, ada pula sejumlah masakan yang sengaja dikemas menggunakan daun pisang. Contohnya lemper, pepes, nasi bakar, dan lain-lain. Semua makanan tersebut dikenal semakin nikmat rupanya tak terlepas dari penggunaan daun pisang yang dipakai untuk membungkus.

Daun pisang disebut-sebut bisa berkontribusi pada rasa dan aroma hidangan. Dilansir dari drvidyahattangadi.com, daun pisang yang dijadikan bungkus makanan memiliki kandungan polifenol. Nah, polifenol ini saat terkena panas bisa membuat aroma hidangan lebih semerbak dan rasanya pun makin nikmat.

Ngomong-ngomong soal nasi bakar, ketika dibungkus pakai daun pisang, biasanya butuh pula lidi atau tusuk gigi. Lidi tersebut disematkan di ujung daun biar tidak mudah lepas. Namun, ternyata tanpa ditusuk pun sebenarnya bungkus daun pisang bisa tetap rapi dan kokoh, lho.

Baru-baru ini salah satu pemilik TikTok bernama Murti sempat membagikan cara membungkus nasi bakartanpa lidi. Awalnya sebenarnya ia hanya membagikan resep nasi bakar. Namun ternyata, banyak warganet yang salfok (salah fokus) dan penasaran bagaimana cara membungkus nasi bakar tanpa lidi. Alhasil, ia pun memutuskan untuk membuat unggahan lain khusus untuk menjelaskan trik membungkus nasi bakarnya.

"Nih yaaa caranya semudah menggulung tikar," ujarnya dikutip BrilioFood dari TikTok/@murtiws01 pada Kamis (12/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya