Trik ungkep ayam ala pedagang kaki lima, awet seharian tanpa kulkas

Trik ungkep ayam ala pedagang kaki lima, awet seharian tanpa kulkas
Usai diungkep, ayam harus didiamkan sampai benar-benar kering. |

Jika sudah dengan kondisi tersebut, tentu ayam tidak bisa diolah kembali. Namun, jika kamu tidak memiliki kulkas di rumah dan tetap ingin menyimpan ayam ungkep sebagai stok, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh salah YouTuber ini. Sebuah channel YouTube dengan nama CAK PARMIN membagikan rahasia ayam ungkep yang tidak cepat basi meski disimpan di suhu ruang.

Tips Dan Cara Agar Ayam ungkep Bisa Tahan Lama Di Estalase/Di Suhu Ruangan!!Untuk jualan pecel ayam,” tulisnya dilansir BrilioFood pada Minggu (30/10).

Trik ungkep ayam ala pedagang kaki lima, awet seharian tanpa kulkas

foto: YouTube/CAK PARMIN

Dalam video tersebut, ungkep ayam terlebih dahulu dengan cara seperti biasanya. Jika ayam sudah matang dan air menyusut, langsung tiriskan ayam dengan menggunakan wadah yang memiliki lubang-lubang kecil pada bagian bawahnya. Hal ini bertujuan untuk meniriskan kandungan air di dalam ayam ungkep.

Jika sudah didiamkan selama beberapa menit, kamu bisa pindahkan ayam ungkep ke dalam wadah lain. Lalu susun ayam yang sudah diungkep dan kamu bisa mengeringkannya dengan cara pasang kipas angin di samping wadah yang berisi ayam. Diamkan ayam beberapa saat hingga kandungan air dari sisa air ungkepan kering. Hal tersebut membantu agar ayam nggak cepat basi.

Trik ungkep ayam ala pedagang kaki lima, awet seharian tanpa kulkas

foto: YouTube/CAK PARMIN

Selanjutnya pindahkan ayam ke wadah lain dan tata ayam agar tidak saling tertumpuk. Pasalnya, ayam yang tertumpuk membuat air ungkepan tidak mengering sempurna. Tak sampai di situ, pemilik video kemudian menyalakan kipas dan diarahkan ke ayam ungkep. Proses ini berlangsung selama 15-20 menit yang bertujuan untuk menghilangkan sisa air ungkepan yang masih tertinggal pada ayam.

Menurut pemilik video yang berprofesi sebagai pedagang pecel ayam tersebut, dengan trik ini ungkepan ayam bisa tahan hingga 24 jam tanpa perlu khawatir akan basi dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Trik ini sendiri sangat cocok diterapkan untuk kamu yang punya usaha pecel ayam. Ia juga menambahkan untuk menata ayam di etalase yang terbuka agar tetap ada udara masuk.

"Ayam jadi nggak mudah basi, bahkan juga masih bisa dijual untuk keesokan harinya," tambahnya.

Sudah ditonton lebih dari 124 ribu kali, video milik YouTube/CAK PARMIN ini menuai perhatian para warga YouTube lainnya. Hal ini ditandai dengan ratusan likes dan komenter warganet yang memenuhi kolom komentarnya. Banyak yang berterima kasih karena mendapat ilmu baru. Tak sedikit juga para pedagang pemula yang merasa terbantu dengan tutorial tersebut.

Jadi tau setelah menyimak tutorialnya bang. Penjelasannya jelas dan mudah dimemgerti. Berbagi yang bermanfaat ini bang. Mantab,” tulis akun YouTube/Ummi Rajivta Channel.

Matur suwun shering e ya cak, aku jualan baru 7 bln tpi sering masih sisa ayamnya, pas banget vidione siap di praktekkan,” ujar akun YouTube/Nokh Bologi.

Matursuwun ilmune cak Parmin..,” sahut akun YouTube/Ning Hidayati.

Terimakasih cak, sangat membantu,” ucap akun YouTube/Chanele Aris.

Alhamdulillah video yg ku request sdh muncul. Makasi cak…,” tulis akun YouTube/Agung Arifin.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya