10 Trik mencairkan daging beku tak lebih dari 30 menit, andalkan alat dan bahan sederhana

10 Trik mencairkan daging beku tak lebih dari 30 menit, andalkan alat dan bahan sederhana
foto: YouTube/Delicious Food Search

Brilio.net - Banyak orang yang menyimpan daging di kulkas sebelum diolah menjadi berbagai hidangan. Biasanya daging diletakkan di lemari freezer. Pasalnya, bakteri tidak mudah tumbuh di suhu yang dingin. Selain itu, freezer juga dapat membantu menjaga kualitas dan rasa asli daging agar tidak berubah.

Namun menyimpan daging di lemari freezer juga punya tantangan tersendiri. Kondisi daging yang beku akan mengeras dan sulit diolah. Kamu perlu mencairkannya terlebih dahulu agar tekstur daging lembut seperti semula.

Sejumlah orang biasanya akan memindahkan daging ke chiller dan didiamkan semalaman agar teksturnya melunak. Namun cara ini kurang efektif jika kamu sedang tidak punya waktu banyak untuk mengolah daging. Sebagai solusinya, banyak yang menggunakan bantuan alat dan bahan sederhana untuk mencairkan daging beku kurang dari 30 menit. Ada yang memakai garam, cuka, hingga bantuan kipas angin.

Lantas seperti apa caranya? Yuk, simak 10 trik mencairkan daging beku yang dihimpun BrilioFood dari berbagai sumber.

1. Dicairkan pakai kipas angin selama 10 menit.

10 Trik mencairkan daging beku tak lebih dari 30 menit, andalkan alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Al-Amin Group

Kamu bisa meniru cara mencairkan daging beku yang dilakukan pengguna YouTube Al-Amin Group. Warganet satu ini menunjukkan setiap tahapnya saat mengeluarkan stok daging dari freezer. Tanpa perlu mencongkel atau menyiram air panas, daging pun bisa dikeluarkan cuma dalam waktu 10 menit.

Caranya, lepaskan terlebih dahulu colokan freezer dari daya listrik. Alhasil, suhu di dalam freezer pun lama-kelamaan akan sama seperti di suhu ruang.

Agar lebih cepat mencair, warganet satu ini mengarahkan kipas angin ke bagian dasar freezer.

"Kipasnya dalam keadaan menyala dan biarkan beberapa waktu sampai daging bekunya bisa diambil," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube Al-Amin Group.

Semakin kencang putaran kipas angin, proses mencairkan daging beku pun akan semakin cepat. Setelah dikipas selama 10 menit, daging pun jadi mencair dan bisa langsung diambil pakai tangan.

"Kalau direndem pakai air ini butuh berjam-jam, kalau cara ini cuma 10 menit semuanya langsung beres," ungkapnya lebih lanjut.

Alhasil dasar freezer yang tadinya dipenuhi daging beku pun jadi bersih maksimal. Dengan cara ini, dijamin freezer tidak akan mengalami kerusakan. Setelah daging dikeluarkan, jangan lupa colokkan kembali freezer ke daya listrik, ya.

2. Dicairkan pakai garam dan air panas.

10 Trik mencairkan daging beku tak lebih dari 30 menit, andalkan alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Sana Secret Recipes

Kamu bisa menggunakan sebuah cara khusus untuk mencairkan daging dengan cepat. Cara ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Sana Secret Recipes. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa mencairkan daging beku dalam waktu 5 menit saja, lho.

Namun perlu diingat bahwa ada beberapa bahan yang dibutuhkan, yaitu garam dan air panas. Jadi, daging beku akan direndam dalam air supaya bisa cepat melunak.

Cara merendamnya pun nggak sembarangan. Pertama-tama, buka kemasan daging. Lalu taburi dengan garam. Oleskan garam tersebut menggunakan tangan hingga merata di seluruh permukaan. Jika sudah, kemas lagi dagingnya.

Setelah itu, tuang air panas ke dalam mangkuk besar dan lebar. Jika sudah, masukkan mangkuk kaca (yang ukurannya lebih kecil) ke dalam mangkuk berisi air panas tadi. Lalu tuang air bersuhu ruang ke dalam mangkuk tersebut.

Barulah kemudian, tambahkan 2 sdt garam ke dalam air yang berada di mangkuk kecil. Lalu masukkan daging beku yang sudah diolesi garam dan dibungkus plastik tadi. Pastikan airnya bisa merendam sebagian besar daging bekunya.

Selanjutnya, tutup mangkuk tersebut. Kamu bisa menggunakan mangkuk kaca lebar atau penutup lain yang sekiranya bisa menahan suhu panas dari air tersebut. Lalu diamkan selama 5 menit saja.

Setelah didiamkan, buka plastik kemasan daging. Lalu ambil daging yang sudah mulai lunak di dalamnya. Buang plastiknya dan pindahkan daging ke air rendaman. Karena tekstur daging sudah lunak, kamu bisa mengambil setiap potongan daging yang masih menempel dengan mudah. Nah, daging ini pun sudah siap dimasak.

3. Dilumuri pakai garam dan cuka selama 15 menit.

10 Trik mencairkan daging beku tak lebih dari 30 menit, andalkan alat dan bahan sederhana

foto: YouTube/Easy But Delicious

Untuk mencairkan daging beku, kamu bisa menggunakan sebuah trik yang dibagikan oleh warganet di akun YouTube Easy But Delicious. Ia menjelaskan, proses mencairkan daging ini tak butuh waktu lama, yakni kurang lebih 15 menit saja. Bahan yang dibutuhkan juga simpel, yakni dua bahan dapur yang sering dipakai untuk masak.

"How to defrost meat fast without losing freshness (Cara mencairkan daging dengan cepat tanpa menghilangkan kesegarannya)," ujar YouTube Easy But Delicious, dikutip BrilioFood.

Letakkan dulu daging yang ingin dicairkan di dalam mangkuk. Kemudian, taburi dengan garam secukupnya. Usap-usap garam supaya merata ke seluruh permukaan daging. Setelah itu, diamkan selama 5 menit.

Setelah 5 menit, baru tuangkan cuka dan pastikan seluruh bagian daging terlumuri oleh cuka. Lalu, diamkan selama 3 menit dan balik posisi daging. Selanjutnya, tinggal tunggu daging selama kurang lebih 7 menit hingga tak beku lagi. Daging pun bisa diangkat, dikeringkan, dan siap digunakan untuk masak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya