Bukan digosok sitrun atau baking soda, ini cara bersihkan rice cooker agar bebas bau pakai 3 bahan

Bukan digosok sitrun atau baking soda, ini cara bersihkan rice cooker agar bebas bau pakai 3 bahan
foto: YouTube/BE KREATIF CHANNEL

Brilio.net - Kebanyakan orang mengandalkan rice cooker saat menanak nasi. Alat elektronik satu ini memang membuat proses menanak nasi jadi lebih praktis. Nasi yang dihasilkan juga pulen dan matang sempurna. Saat matang, kamu juga bisa menyimpan nasi di dalamnya agar selalu dalam kondisi hangat.

Karena fungsinya sangat penting, nggak heran kalau rice cooker hampir digunakan setiap hari. Hal ini tentu membuat rice cooker jadi cepat kotor. Kalau tidak dibersihkan dengan benar, sisa-sisa nasi akan mengerak di bagian dalamnya. Bagian tutup rice cooker pun kondisinya lembap karena terkena uap panas dari nasi.

Padahal tumpukan kotoran tersebut bisa menimbulkan aroma yang tak sedap, lho. Bahkan tak jarang, hal tersebut memengaruhi kualitas nasi yang dimasak di dalamnya. Nasi nggak cuma bau tapi juga jadi cepat basi.

Mengetahui hal itu, sejumlah orang langsung menggosok seluruh bagian rice cooker dengan berbagai bahan pembersih seperti sitrun dan baking soda. Kedua bahan pembersih ini dianggap bisa mengangkat noda membandel di rice cooker. Setelah digosok beberapa saat, rice cooker kembali bersih dan kinclong lagi.

Tapi nggak melulu pakai kedua bahan tersebut, ternyata rice cooker bisa dibersihkan dengan bahan lainnya. Seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube BE KREATIF CHANNEL.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya