Singkong tak diperas dulu, ini trik membuat adonan combro lembut dan tetap empuk meski sudah dingin

Singkong tak diperas dulu, ini trik membuat adonan combro lembut dan tetap empuk meski sudah dingin
foto: YouTube/Bersama Stfyani

Brilio.net - Combro merupakan salah satu makanan khas Nusantara dibuat dari bahan dasar parutan singkong. Kemudian parutan singkong tersebut dicampur kelapa parut, diberi isian oncom, dan dibentuk bulat, lalu digoreng. Oleh sebab itu, makanan satu ini disebut dengan combro atau oncom di jero yang artinya oncom di dalam.

Makanan satu ini juga dikenal memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Namun sayangnya, saat combro sudah digoreng dan dingin, biasanya teksturnya akan berubah menjadi keras dan nggak renyah lagi. Hal tersebut yang membuat banyak orang enggan untuk membuat combro sendiri di rumah.

Untuk mengatasinya, banyak orang yang memeras singkong terlebih dahulu. Usut punya usut, singkong yang diperas terlebih dahulu dapat membuat combro tidak mudah keras setelah digoreng. Namun cara tersebut cukup memakan waktu dan cenderung ribet.

Salah satu warganet di akun YouTube Bersama Stfyani pernah membagikan trik untuk membuat adonan combro dari parutan singkong tanpa harus diperas dulu. Ia mengaku combro yang dihasilkan tetap empuk meski sudah dingin.

"Hari ini saya mau share cara membuat combro yang lembut dan tidak mudah hancur saat digoreng. Combro terenak sedunia, walau sudah dingin tetep empuk," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Bersama Stfyani pada Rabu (20/3).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya