Tak perlu beras atau ampas kelapa, begini trik mencuci cobek batu agar bersih dari bekas bumbu

Tak perlu beras atau ampas kelapa, begini trik mencuci cobek batu agar bersih dari bekas bumbu
Instagram/@hi.pitaaa

Brilio.net - Cobek batu merupakan alat dapur tradisional yang digunakan untuk menghaluskan rempah-rempah, bumbu, atau bahan lain saat proses memasak. Cobek ini terbuat dari batu alam yang keras dan tahan lama, seperti batu lava atau batu granit.

Selain fungsinya yang praktis dalam menghaluskan bahan, cobek batu juga memiliki nilai estetika dan tinggi akan budaya. Cobek batu seringkali dihiasi dengan ukiran atau motif tradisional, memperindah tampilannya dan memberikan sentuhan klasik pada dapur. Penggunaan cobek batu juga dapat memberikan pengalaman kuliner yang lebih autentik serta rasa yang khas.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun cobek batu ini cenderung lebih sulit dirawat dibandingkan cobek jenis lain, lho. Bukan tanpa sebab, cobek batu memiliki banyak pori-pori di permukaannya. Hal ini membuat bahan makanan mudah sekali masuk dan terperangkap dalam pori-pori tersebut. Sedangkan, sabun cuci piring saja tidak bisa membuat noda bekas bumbu ini hilang seketika, lho.

Lantas untuk membersihkan cobek batu secara maksimal, sejumlah orang biasanya akan menggunakan beras atau ampas kelapa. Jadi sejumlah bahan ini akan diulek atau dihaluskan dengan cobek batu sampai berubah warna. Usut punya usut, kedua bahan tersebut bisa menarik bekas bumbu yang menempel di permukaan cobek batu.

Namun selain garam dan ampas kelapa, sebenarnya ada bahan lain yang nggak kalah ampuh untuk menghilangkan bekas bumbu di cobek batu, lho. Lebih lanjut, bahan ini pernah digunakan oleh pengguna Instagram @hi.pitaaa melalui salah satu video yang diunggah. Siapa sangka, trik miliknya ini bisa membuat cobek batu jadi bersih kinclong dan lebih higienis digunakan.

"Cobek dan ulekan memiliki pori-pori yang cukup besar, sehingga ketika kita mencuci dengan sabun saja tanpa deep cleaning sama aja memindahkan kuman dari spons cuci piring ke cobek yang berpori," terangnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya