Trik mengatasi nasi terlalu lembek, cuma pakai roti tawar

Trik mengatasi nasi terlalu lembek, cuma pakai roti tawar
foto: TikTok/@zettyadnan1

Brilio.net - Cara memasak nasi umumnya cukup gampang, apalagi sekarang sudah ada rice cooker. Tinggal mencuci beras, memasukkan beras dan air ke rice cooker, kemudian dimasak sampai matang. Namun, masih banyak yang mengalami kesulitan saat memasak nasi di rice cooker. Salah satunya kelebihan air yang menyebabkan nasi terlalu lembek.

Menyesuaikan jumlah air untuk memasak nasi harus lebih teliti. Pasalnya, jenis masing-masing beras yang dijual di pasaran pun berbeda. Ada yang sudah pakai takaran normal, tapi ternyata air kurang dan nasi masih terlalu keras. Atau sebaliknya, air yang digunakan terlalu banyak.

Dilansir dari delicious.com.au, permasalahan yang sering dialami banyak orang dalam masak nasi adalah airnya berlebihan. Cukup gunakan satu cup air untuk memasak satu mangkuk nasi. Di Indonesia sendiri sering mengukurnya ketinggian air dengan satu ruas jari di atas beras.

Namun, jika nasi yang dibuat masih mengandung terlalu banyak air, sebaiknya jangan buru-buru dibuang karena masih bisa diatasi. Salah seorang warganet di TikTok dengan nama akun @zettyadnan1 punya cara mengatasi nasi yang kelebihan air dengan menggunakan roti tawar.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya