13 Resep olahan ikan tongkol pedas, lezat, gurih, dan bikin lidah bergoyang

13 Resep olahan ikan tongkol pedas, lezat, gurih, dan bikin lidah bergoyang
foto: Instagram/@tanialksn; Instagram/@yoanitasavit

Brilio.net -Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup banyak dijumpai di pasaran. Jenis ikan dengan nama ilmiah Euthynnus affinis ini memiliki tampilan daging yang berwarna putih kehitaman.

Selain harganya yang murah, ikan tongkol memiliki rasa cenderung gurih, sehingga ikan tongkol bisa kamu kreasikan menjadi berbagai macam hidangan lezat.

Meskipun ekonomis, ikan tongkol memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Menurut buku bertajuk Dunia Ikan karya Djuhanda tahun 1981, ikan tongkol memiliki nilai protein mencapai 26%, kadar lemak rendah yaitu 2%, asam lemak omega-3, dan kandungan garam-garam mineral penting yang tinggi.

Dengan begitu ikan tongkol bisa dijadikan alternatif lauk, ketika kamu bosan mengonsumsi sumber protein umum seperti ayam atau lauk lainnya. Jadi ketika menyantapnya, kamu juga mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Biasanya orang-orang mengolahikan tongkol dengan cara digoreng. Namun ada juga yang mengolahnya menjadi hidangan tongkol pedas seperti dimasak cabai hijau, dipepes, dibalado, disuwir, dan banyak lainnya.

Nah maka dari itu, yuk bikin sajian tongkol pedas yang sehat dan lezat untuk keluarga. Simak resep olahan ikan tongkol pedas, lezat, gurih, dan bikin lidah bergoyang, sebagaimana dirangkum dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Jumat (14/4).

Magang: Umi Amalia Rusda

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya