6. Produk susu hewani.

foto: Instagram/@nanamirdad_

Selain itu, Nana Mirdad juga menghindari penggunaan produk susu hewani bahkan keju atau yogurt. Dia beralih menggunakan susu yang terbuat dari bahan dasar tumbuhan atau kacang-kacangan, seperti susu almond, susu kedelai, atau susu oat. Dilansir dari oppsvegan.com, susu nabati cenderung mengandung lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan susu hewani. Sehingga lebih aman dikonsumsi untuk manajemen berat badan.

7. Makanan deep fried.

foto: Instagram/@nanamirdad_

Untuk menghindari proses masak deep fried yang menggunakan banyak minyak, Nana Mirdad memilih untuk mengolahnya dengan cara dioven atau dimasak menggunakan air fryer supaya lebih sehat. Dilansir dari thejoint.com, lemak trans dalam masakan deep fried dapat menyebabkan efek berbahaya bagi kesehatan, mulai dari obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

"Kalau aku pilih yang lebih sehat, jadi aku oven," tutur Nana Mirdad dikutip dari Instagram/@nanamirdad_.

8. Makanan olahan.

foto: unsplash.com

Makanan olahan termasuk dalam jenis makanan yang kerap dihindari Nana Mirdad selama menjaga pola makan sehat. Sama halnya dengan junk food, makanan olahan cenderung mengandung berbagai macam bahan tambahan yang membuat nutrisi dari makanan aslinya justru berkurang. Dilansir dari nhs.uk, makanan olahan juga memiliki kalori yang tinggi karena tingginya jumlah gula atau lemak di dalamnya.

9. Makanan tinggi gula.

foto: unsplash.com

Nana Mirdad sebisa mungkin menghindari makanan yang memiliki kandungan tinggi gula. Nggak cuma makanan manis, tapi juga makanan yang mengandung banyak gula atau kalori dalam berbagai jenis karbohidrat seperti halnya nasi. Hal ini pun dijelaskan dalam Instagram pribadinya,

"Bukan karbohidratnya yang masalah buat aku, tapi gulanya," ungkapnya.

10. Batasi tepung gluten.

foto: Instagram/@nanamirdad_

Gluten pada dasarnya umum ditemukan dalam tepung atau roti. Namun beberapa orang menghindari gluten karena alasan kesehatan, seperti halnya Nana Mirdad. Oleh karena itu dia menggantinya dengan tepung yang bebas gluten, seperti tepung buckwheat. Dilansir dari neturespath.com, buckwheat merupakan salah satu tepung yang terbuat dari gandum dan bebas gluten.