Brilio.net - Untuk membersihkan piring kotor, banyak orang mengandalkan sabun cuci yang khusus digunakan untuk mencuci alat dapur. Sabun cuci piring ini memang dibuat secara khusus untuk bisa menghilangkan noda membandel dan minyak yang mengotori permukaan alat dapur. Sehingga alat dapur dan alat makan lain lebih higienis saat digunakan kembali.

Kini ada banyak sabun cuci piring yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Namun tak jarang, sabun cuci piring yang beredar mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti phthalates. Dilansir dari hormonesharmony.co.uk, phthalates yang ada di sabun cuci piring bisa terserap melalui kulit dan mengenai organ dalam tubuh. Jika terlalu sering terpapar bahan kimia satu ini, akibatnya tubuh bisa mengalami migrain dan asma, lho.

Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu bisa membuat sabun cuci piring sendiri di rumah. Membuat sabun cuci homemade ternyata cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah, seperti kulit jeruk. Tidak hanya aromanya yang wangi, kulit jeruk juga berguna sebagai desinfektan yang bisa menghilangkan bakteri di alat dapur, lho.

Nah, selain memakai kulit jeruk sebagai bahan dasarnya, kamu bisa menambahkan bahan kimia yang lebih aman saat terkena tubuh ketika hendak membuat sabun cuci piring sendiri di rumah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa meniru video tutorial yang dibagikan salah satu pengguna YouTube bernama Nyonyah Robetz.

Dalam salah satu unggahannya, dia membagikan cara mudah membuat sabun cuci piring ala rumahan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung simak ulasan BrilioFood berikut dari YouTube/Nyonyah Robetz pada Senin (12/12).