Pertama, kupas, potong-potong, dan cuci bersih singkong yang akan digoreng. Selanjutnya, agar singkong empuk, kuncinya hidangan ini harus dikukus. Panaskan dulu air di dalam kukusan, baru masukkan semua potongan singkongnya. Kukus beberapa menit hingga singkong pecah atau terbelah dengan sendirinya.

Empuk tanpa direbus, ini trik goreng singkong agar gurih
YouTube/Bunda kenzie

Sembari menunggu singkong dikukus, kamu bisa menyiapkan air bumbu untuk merendam singkong supaya rasanya gurih. Jadi, bahan yang dibutuhkan adalah air matang, garam, bawang putih cincang, ketumbar, serta es batu. Kalau tak ada es batu, kamu pun bisa mengganti dengan air dingin.

Setelah singkong yang dikukus pecah atau terbelah, angkat dan langsung pindahkan ke dalam racikan air bumbu. Nah, air bumbu yang dingin bertemu dengan singkong yang masih panas bisa membantu singkong jadi mekar dengan mudah, lho. Diamkan singkong terendam selama beberapa menit hingga mekar, baru angkat dan tiriskan.

"Jika sudah mekar, angkat dengan hati-hati. Ada juga yah bun yang tidak mau mekar, ini namanya ngganyong, tetap enak kalau digoreng," imbuh pemilik akun YouTube Bunda kenzie, dikutip BrilioFood pada Senin (1/1).

Empuk tanpa direbus, ini trik goreng singkong agar gurih
YouTube/Bunda kenzie

Usai ditiriskan, singkong bisa langsung digoreng di minyak panas. Sebaiknya gunakan minyak yang cukup banyak agar singkong bisa terendam secara keseluruhan dan teksturnya bisa renyah. Bolak-balik singkong agar warnanya merata, lalu angkat dan tiriskan.

Empuk tanpa direbus, ini trik goreng singkong agar gurih
YouTube/Bunda kenzie

Gimana, kamu tertarik mencoba trik goreng singkong seperti dalam video yang sudah ditonton 17 ribu kali ini? Mengintip kolom komentar unggahan YouTube Bunda kenzie, tak sedikit warganet lain yang juga antusias meniru resep singkong goreng ini.