Tanpa direndam air es, ini trik goreng singkong agar semakin merekah dan bumbu meresap sempurna

Tanpa direndam air es, ini trik goreng singkong agar semakin merekah dan bumbu meresap sempurna
foto: TikTok/@meyyymeyong

Brilio.net - Membuat camilan sendiri di rumah memang kerap dilakukan sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang. Ada banyak sekali camilan yang bisa dibuat dengan bahan dan cara yang praktis. Singkong goreng adalah salah satu di antaranya.

Singkong goreng terbuat dari bahan dasar singkong yang direbus atau dikukus sampai empuk. Setelah empuk, singkong baru akan digoreng hingga teksturnya merekah. Nah, olahan ini nantinya akan membuat singkong jadi lebih renyah dan rasanya pun lebih gurih.

Sekilas, membuat singkong goreng memang mudah. Namun siapa sangka, banyak orang yang masih gagal dalam membuat singkong goreng ini. Alih-alih empuk dan renyah, singkong terkadang justru masih alot dan sulit dikunyah. Nggak cuma itu, rasa singkong juga bisa jadi hambar jika pengolahannya kurang tepat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagian orang biasanya akan merendam singkong dalam air yang sudah diberi bumbu. Jadi, setelah direbus atau dikukus, singkong akan direndam dalam air tersebut. Nah, ada juga yang kemudian mencampurnya dengan es batu supaya suhu airnya jadi lebih dingin dan membuat singkong merekah saat digoreng nantinya.

Tapi tahu nggak, sih? Sebenarnya ada metode yang lebih mudah daripada cara tersebut. Tanpa perlu merendamnya dalam air es, singkong ini bisa merekah dan gurih hingga ke bagian dalam, lho. Namun kunci utama terletak pada tahap penggorengan. Jadi proses penggorengannya harus lebih diperhatikan supaya singkong bisa merekah dan gurih maksimal.

Beruntungnya, seorang pengguna TikTok @meyyymeyong pernah membagikan trik menggoreng singkong tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan teknik yang lebih sederhana dan praktis. Meskipun begitu, teknik ini bisa ampuh membuat singkong jadi lebih renyah, empuk, dan gurih, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya