Tanpa direndam air kapur sirih atau soda kue, ini trik bikin keripik singkong renyah dan tak berminyak

Tanpa direndam air kapur sirih atau soda kue, ini trik bikin keripik singkong renyah dan tak berminyak
foto: YouTube/SAMUEL onycom

Brilio.net - Keripik singkong termasuk camilan yang disukai banyak orang. Camilan renyah dan gurih ini selalu cocok disantap di segala kondisi. Saat bersantai di rumah, mengerjakan tugas, atau bahkan untuk sajian tamu. Siapapunpasti nggak bisa menolak kelezatan keripik singkong.

Untuk membuat keripik singkong ini, kamu cukup menyiapkan singkong segar saja. Nah, singkong tersebut lantas diiris tipis dan digoreng dalam minyak. Dengan cara sederhana itu, kamu bisa menyantap keripik singkong yang enak.

Walau sekilas tampak simpel, namun sebenarnya tidak semua keripik singkong bisa bertekstur renyah, lho. Tetap butuh bahan khusus untuk merenyahkan keripik singkong ini. Agar semakin renyah, singkong yang sudah diiris biasanya akan direndam air kapur suruh atau soda kue sebelum digoreng. Metode tersebut dinilai dapat membuat tekstur singkong jadi renyah dan garing saat digoreng.

Namun jika kamu tidak memiliki stok bahan tersebutdi rumah, tak perlu khawatir, ada bahan lain yang bisa digunakan. Nah, bahan ini pernah digunakan oleh pengguna YouTube SAMUEL onycom. Melalui salah satu video yang diunggah, dia menggunakan bahan tersebut untuk merenyahkan sekaligus meningkatkan rasa gurih pada keripik singkong.

Dilansir BrilioFood pada Sabtu (23/12), bahan yang digunakan adalah garam dapur. Jadi garam dapur ini nantinya akan dipakai sebagai perenyah dan penambah rasa asin. Keripik singkong yang dibuat dengan tambahan garam ini juga akan jadi lebih putih dan tak berminyak, lho.

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya